Periksa Hewan Kurban, Dispangtan Akan Terjunkan Tim Labelisasi

Bandung – Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung menghimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan kurban untuk memilih hewan kurban yang memiliki beberapa kriteria di antaranya sehat dan layak.

Menurut Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Elly Wasliah, hewan yang layak adalah hewan yang tidak memiliki penyakit, seperti penyakit kulit. Sedangkan kriteria layak, hewan tersebut harus sempurna atau tidak cacat.

“Syarat untuk hewan kurban itu layak dan sehat. Sehat adalah tidak menderita menyakitkan dan yang layak dilihat dari usia untuk sapi di atas 2 tahun dan domba di atas 1 tahun dan juga tidak cacat,” ucapnya.

Elly menyatakan, pihaknya akan menurunkan Tim Labelisasi Hewan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban yang biasa dijual oleh masyarakat di sejumlah tempat di Bandung menjelang pelaksanaan Idul Adha.

“Kita akan menurunkan tim tersebut paling lambat 2 minggu sebelum pelaksanaan Idul Adha. Para petugas tersebut akan memberikan tanda berupa kalung kepada hewan-hewan kurban baik sapi maupun domba jika hasil pemeriksaan terhadap hewan tersebut layak dan sehat,” tuturnya.

Dengan pemahaman yang dimiliki masyarakat dalam memilih hewan kurban, Elly berharap ibadah kurban yang dilakukan oleh masyarakat akan lebih baik.

“Mudah-mudahan dengan masyarakat paham ibadah Idul Adha masyarakat lebih sempurna,” katanya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung