Penghitungan Suara Manual Berjalan Lancar

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Yayat Hidayat.

Bandung – Meski penghitungan cepat sempat dihentikan akibat server milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) diretas oleh oknum tidak bertanggung jawab, proses penghitungan manual Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat tetap berjalan lancar dan aman di dalam penjagaan ketat aparat keamanan.

Ketua KPU Propinsi Jawa Barat, Yayat Hidayat mengatakan, semua tahapan dalam Pilkada serentak 2018 di Propinsi Jawa Barat berjalan sesuai jadwal yang direncanakan.

“Semua berjalan dengan sangat lancar,” ujar Yayat kepada reporrer LPS PRSSNI Bandung.

Menurut Yayat, proses rekapitulasi penghitungan suara untuk tingkat Kecamatan se Jawa Barat sudah rampung dikerjakan dan kini bergeser ke rekapitulasi tingkat kota dan kabupaten se Jawa Barat.

“Ditargetkan tanggal 4 dan 5 Juli proses penghitungan rekapitulasi tingkat kabupaten/ kota se Jawa Barat. Kemudian kalau sudah selesai nanti kita agendakan di KPU Jawa Barat rekapitulasi tingkat provinsi tanggal 8 Juli,” jelas Yayat.

Yayat meminta semua pihak menahan diri hingga selesainya rekapitulasi penghitungan manual KPU sebelum nantinya mengajukan gugatan terkait hasil Pilgub Jabar 2018.

“Kita lihat hasilnya seperti apa karena hasil rekapitulasi ini menentukan apakah ada para pihak yang memiliki hak untuk mengajukan gugatan ke MK atau tidak,” tutur Yayat.***

Agustin Purnawan/ LPS PRSSNI Bandung