Pendidikan Vokasional Kurangi Angka Pengangguran

Bandung – Sebanyak 190 lulusan Akademi Sekretaris dan Management (ASM) Ariyanti mengikuti Wisuda XIX Ariyanti 2018.

Pelaksanaan Wisuda yang mengangkat tema “Dengan Berbekal Pendidikan Vokasional Alumni ASM Ariyanti Siap Menyongsong Ekonomi Digital” diharapkan para alumninya dapat bersaing di dunia industri di tingkat nasional maupun internasional.

Direkrut ASM Ariyanti, Deni Supardi Hambali mengatakan, pendidikan keterampilan atau yang disebut dengan pendidikan vokasional diyakini mampu menjadi solusi dalam mengurangi angka pengangguran yang saat ini masih cukup banyak

“Konsep pendidikan vokasional lebih mengandalkan skill atau keterampilan dan bertujuan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, terampil, memiliki disiplin tinggi dan berjiwa wirausaha,” ucapnya¬†di acara Wisuda XIX ASM Ariyanti 2018, di Grand Mercury, Sabtu (22/12/2018).

Menurut Dedi, saat ini perubahan politik, ekonomi, sosial dan budaya tidak terlepas dari pada digital dan itu semuanya merubah penyelenggaraan kehidupan antara lain seperti di dunia pendidikan.

“Semuanya ini secara bertahap dan bahkan sudah hampir semua kegiatan dilakukan dengan digital, jadi ini menuntut kita untuk lebih waspada merespon perubahan ini terutama kami ini pendidikan vokasional memang lulusannya harus siap untuk bisa memasuki era ini di dunia kerja,” katanya.

Dedi menyatakan, untuk menghadapi era digital dalam dunia pendidikan ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan di berbagai bidang untuk mengantisipasi perubahan.

“Alhamdulilah kami sudah mempersiapkan, secara fasilitas kita secara terus menerus merubah secara bertahap, semuanya sudah menggunakan digital, merubah mental anak, dosen dan konsep harus kita rubah juga,” ujarnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro