Penanaman Kopi Tingkatkan Kesejahteraan Pejuang Pangan

Soreang – Pemerintah Kabupaten Bandung memberikan apresiasi kepada PT Len Industri melalui Program PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) yang telah melakukan penanaman sebanyak 15.000 pohon Kopi Gambung di Desa Mekasari Gambung, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung.

Wakil Bupati Kabupaten Bandung Gun Gun Gunawan mengharapkan, upaya PT. Len Industri tersebut bisa menjembatani harapan masyarakat dan dapat membantu daya dukung dalam pertanian khususnya tanaman kopi.

“Dengan adanya kolaborasi ini akan membantu bagaimana sada dukung dari bibit hingga, pengolahan, sampai hilir hingga pasca panen dan ke buyer,” katanya.

Menurut Gun Gun, kolaborasi ini harus terus berlanjut karena sangat besar manfaatnya bagi masyarakat serta mampu mengurangi lahan kritis dan longsor karena adanya alih fungsi lahan yang dilakukan oleh masyarakat tanpa adanya perhitungan yang baik.

“Selain dapat menjaga kelestarian, penanaman kopi ini juga bisa menjaga dan melanjutkan kesejahteraan pejuang pangan karena kopi sangat produktif,” ucap Gun gun, usai melakukan penanaman Kopi Gambung di Desa Mekasari Gambung, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jumat (22/3/2019).

Gun gun menyatakan, produksi tanaman kopi yang ada di Kabupaten Bandung memiliki kualitas yang bagus sehingga mampu menjadi juara dalam Specialty Coffee Association of America Expo di Atlanta, Amerika Serikat, pada 14-17 April 2016 lalu.

“Kopi Gunung Puntang menjadi juara satu, dalam kompetisi speciality coffee di Atlanta, AS, kopi Gambung juga masuk peringkat atas di ajang tersebut,” ujarnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro