Pemprov Jabar Akan Kawinkan Sapi Belgia dengan Sapi Pasundan

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau peternakan sapi Belgian Blue di Wallonia Region, Belgia, beberapa waktu lalu. (Foto: Humas Pemprov Jabar)

Bandung – Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana menjalin kerjasama bidang ekonomi khususnya sektor peternakan dengan pemerintah negara Belgia.

Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil mengatakan, kerjasama ekonomi sektor peternakan kemungkinan yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat genetik baru melalui kawin silang antara Sapi Belgia dan Sapi Pasundan.

“Ada rencana sapi Belgia yang berotot itu akan kita silangkan dengan sapi Pasundan,” kata Gubernur, usai mengikuti Rapat Paripurna DPRD Jabar, Jumat (9/11/2018).

Gubernur mengharapkan, dengan adanya kerjasama sektor peternakan dengan kawin silang ini, ke depannya kebutuhan masyarakat Jawa Barat akan daging sapi bisa terpenuhi, tanpa harus mendapat pasokan dari daerah lain.

“Kita harapkan produksi sapi ini tonasenya jauh meningkat tapi diproduksi lokal dan bukan import, Insya Allah berhasil sehingga nanti suplai daging sapi bisa terpenuhi secara lengkap,” ucapnya.

Sebelumnya Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum bersama delegasi pemerintah dan sejumlah pengusaha asal Jabar berkunjung ke Belgia untuk melihat peternakan sapi Belgia Blue di Wallonia Regional yang proses kelahirannya dilakukan dengan cara caesar.

Selain berotot, sapi Belgia Blue juga minim lemak dengan perbandingan daging terhadap karkasnya sebesar 70 persen.***


Rep: Suparno Hadisaputro