Pemprov Jabar Akan Bangun Tol Dalam Kota untuk Tangani Kemacetan Bandung

Bandung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat berencana membangun Jalan Tol Dalam Kota sepanjang 15,3 Kilometer yang akan melintasi jalan Kota Bandung.

Pj Gubernur Jawa Barat, Mochamad Iriawan menilai, Tol Dalam Kota bisa mengurai kemacetan di Kota Bandung. Usulan ini akan disampaikannya ke pemerintah pusat.

Jalan tol dalam kota ini akan memiliki panjang 15,3 kilometer dan terdapat empat pintu tol mulai dari Pasirkoja, Jalan Pelajar Pejuang 45, Pusdai hingga Kiaracondong.

“Secara garis besar dari Soroja ke Pasupati di tengah jalan, nanti masuk ke Pasirkoja masuk juga ke arah Pelajar Pejuang 45, lalu Jalan Sukabumi, Supratman, dari 15,3 Kilometer itu ada jalan turun naik, bisa memecah kemacetan,” ujar Iriawan seperti dilansir dari PRFM, Selasa (31/7/2018).

Rencana Tol Dalam Kota ini berbeda dengan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR), tapi akan mirip seperti Tol Dalam Kota di Jakarta.

“Nanti mudah-mudahan bisa diterima di pusat karena harus ada koordinasi dengan Badan Pengelola Jalan Tol,” tambahnya.

Apabila disetujui, maka Tol Dalam Kota ini diharapkan bisa dilanjutkan oleh Gubernur Jawa Barat terpilih. Iriawan ingin di masa jabatannya, setidaknya berhasil melahirkan Feasibility Study atau studi kelayakan tol ini.

“Targetnya di zaman saya FS dan bisa diteruskan oleh gubernur terpilih,” pungkasnya.***