Pemkot Bandung Gelar Sepeda Nusantara 2018 Peringati Sumpah Pemuda

Bandung – Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-90, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bandung menyuguhkan kegiatan olahraga, Sepeda Nusantara Tahun 2018 di Balaikota Bandung, Minggu (28/10/2018).

Sepeda Nusantara 2018, diikuti 2500 goweser dari beberapa komunitas dan masyarakat umum.

Sepeda Nusantara 2018 mengambil start dari Balai Kota Bandung, melewati Jalan Merdeka, Jalan Lembong, Jalan Tamblong, Jalan Asia Afrika, Jalan Otto Iskandardinata, Jalan BKR, Jalan, Moch Ramdan, Jalan Karapitan, Jalan Sunda, Jalan Sumbawa, Jalan Aceh, Jalan Seram, Jalan Martadinata, Jalan Merdeka, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Wastukancana dan finish di Balai Kota Bandung.

Saat membuka kegiatan tersebut, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyampaikan, kegiatan olahraga mampu membentuk kerukunan sosial dan merangkul perbedaan.

“Dengan ribuan peserta yang mengikuti, menjadi bukti Bandung sebagai kota yang guyub dan gotong royong,” kata Oded seperti dilansir Humas Pemkot Bandung.

Menurutnya, hal tersebut salah satu modal untuk kebersamaan. Selain itu, juga masyarakatnya yang kreatif dan inovatif.

“Dengan pilar pembangunan inovasi kolaborasi dan disentralisasi, menunjukkan Bandung kota yang maju dengan masyarakat yang inovatif dan kreatif,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, inspirasi persatuan dan kesatuan salah satunya dengan semangat berolahraga. Sesuai semangat Sumpah Pemuda kali ini mengusung tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”.

“Melalui sepeda, kita ingatkan kembali bahwa olahraga itu penting. Berolahraga menjadi modal agar warga senantiasa sehat dan juga menjadi sarana membangun SDM berdaya saing global,” harapnya.

Sedangkan Staf Ahli Bidang Hukum Olahraga, Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Syamsuddin, mengapresiasi warga Kota Bandung yang guyub dalam segala hal.

“Luar biasa ditunjukkan warga Bandung, peserta yang banyak artinya membuktikan cinta dengan olahraga,” ujar Syamsuddin.

Menurutnya, warga Bandung memiliki kebahagiaan yang berbeda dengan kota lainnya di Indonesia karena masyarakatnya senang berolahraga.

“Bandung itu kota kreatif. Rahasianya ternyata karena warganya senang berolahraga. Jika senang berolahraga, maka pikirannya jernih, kreatifnya muncul dan badan bugar. Muncul ide dan karya nya baik, Itu warga Bandung,” katanya.

Syamsuddin menjelaskan, Sepeda Nusantara merupakan program unggulan kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Setiap tahun diharapkan semakin meriah.

“Antara warga dengan pemerintahnya guyub maka kebersamaan pun akan terasa,” ujar Syamsudin.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota DPR RI Komisi X, Popong Otje Djundjunan, mengajak agar masyarakat rajin berolahraga. Ia menyarankan agar setiap pagi untuk meluangkan waktu berolahraga.

“Anda adalah apa yang anda lakukan. Kalau kita suka olahraga, setelah salat subuh jalan kaki, bersepeda itu pasti sehat. Jadi kegiatan dari Kemenpora ini adalah program yang baik,” katanya.***