Pemkot Bandung dan Warga Gotong Royong Bersihkan Sungai Cilimus

Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Bandung – Mengantisipasi musim hujan sekaligus dalam rangka bulan bakti ke-73 Pekerjaan Umum, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung mengeruk dan mengangkat sedimen sungai Cilimus Kecamatan Cicendo kelurahan Pajajaran. Selain itu, DPU Kota Bandung juga memperbaiki infrastruktur di sekitar sungai tersebut, Rabu (12/12/2018).

Kegiatan diawali dengan apel pagi di SMAN 9 Bandung. Wali Kota Bandung,  Oded M. Danial memimpin apel. Turut hadir Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Salman Fauzi dan stakeholder terkait maupun unsur kewilayahan.

Kegiatan tersebut berkolaborasi dengan instansi vertikal di antaranya,  Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Lanud Husein Sastranegara, Sektor 22 Citarum Harum, dan siswa SMAN 9 Bandung.

Saat apel, Oded menyampaikan, setiap wilayah memiliki permasalahan lingkungan, seperti banjir dan sampah. Mengatasi permasalahan tersebut, ia berharap masyarakat bisa ikut membantu pemerintah.

“Warga Bandung bisa bersama membereskan masalah tersebut dengan kebersamaan,” tutur Oded.

Sesuai visi Kota Bandung yang unggul, nyaman dan sejahtera dan agamis, ditopang tiga pilar pembangunan, inovasi, kolaborasi dan disentralisasi, Oded optimis, masalah tersebut bisa teratasi. Apalagi dengan karakteristik warga yang gotong royong mampu memberikan kenyamanan khususnya bidang kebersihan.

“Karakteristik warga Bandung yang gotong royong dalam konteks kolaborasi apapun bisa dilakukan. Bahkan unsur komunitas dan instansi pun ikut turun. Ini membuktikan Kota Bandung itu sebuah kota yang indah dan masyarakatnya penuh kebersamaan,” katanya.

Dalam arahannya, Oded pun kembali mengampanyekan Program Kangpisman (kurangi, pisahkan dan manfaatkan).

“Mari lakukan gerakan ini mulai dari rumah masing-masing, mudah mudahan kebersihan mampu terwujud,” ujarnya seperti dilansir Humas Pemkot Bandung.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Arief Prasetya mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan normalisasi infrastruktur, meminimalisir banjir di kawasan Lanud Husein Sastranegara. Selain itu, menyosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak membangun di daerah resapan air sepanjang bantaran sungai. Sekaligus, membudayakan gotong royong dalam menjaga lingkungan.

Arief mengungkapkan, kegiatan yang dilaksanakan yaitu pengerukan drainase dan gorong-gorong depan SMAN 9 Bandung, pengangkatan sedimen sungai Cilimus sepanjang kurang lebih 400 meter. Kegiatan lainnya yaitu penambalan Jalan Suparmin yang rusak akibat banjir dan gerakan pungut sampah.

“Dengan partisipasi masyarakat maupun instansi terkait, kita harap pembersihan sungai Cilimus berjalan baik,” katanya.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 400 orang. Di antaranya, karyawan DPU sebanyak 220 orang, BBWS Citarum (10 orang), PSDA Provinsi Jawa Barat (10 orang), DLHK (20 orang), Sektor 22 Citarum (30 orang).

Selain itu ada juga Gober Kelurahan Pajajaran dan Kecamatan Cicendo sebanyak 20 orang, siswa SMAN 9 Bandung (50 siswa), perwakilan Lanud Husein Sastranegara (20 orang), Polsek Cicendo (10 orang) dan Koramil Cicendo (10 orang). Mereka terbagi dalam beberapa kegiatan pembersihan sungai, sekitar sungai dan prasarana lainnya.

Sedangkan sejumlah alat berat yang digunakan antara lain, ekskavator spider sebanyak 1 unit, ekskavator mini hexa (2 unit), loader (1 unit), dump truk (4 unit), stoom walls (1 unit), beserta alat-alat kebersihan (karung, pacul, singkup, sapu lidi, parang, pengki dan sebagainya).***