Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang menjalin kesepakatan tentang Kerjasama Antar Daerah. Penandatanganan kerjasama dilakukan Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung, Muhamad Solihin dan Pjs. Bupati Jombang, Setiajit di Balai Kota Bandung, Selasa (24/4/2018).

Menurut Solihin, pemkot Bandung selalu terbuka kepada wilayah lain untuk berkolaborasi dalam membangun Indonesia. Solihin berharap kunjungan dari Jombang bisa membuka wawasan baru bagi Kota Bandung dan juga bisa bermanfaat bagi Pemkab Jombang.

“Bandung sangat menerima bentuk kolaborasi apapun dari pemerintah kota kabupaten lain. Kami percaya bahwa kolaborasi dan kerja sama dapat saling meningkatkan pembangunan di daerah masing-masing,” ungkap Solihin.

Pada pertemuan tersebut Solihin memaparkan berbagai program strategis Pemkot Bandung mulai dari aplikasi Sabilulungan, aplikasi Gampil, dan berbagai aplikasi penunjang smartcity lainnya. Selain itu dijelaskan juga cara Pemkot Bandung mengelola manajemen Aparatur Sipil Negara melalui sistem Tunjangan Kerja Dinamis.

Solihin menambahkan, berbagai program dan penataan birokrasi yang dilakukan Pemkot Bandung telah menghantarkan Kota Bandung menjadi satu-satunya kota di Jawa Barat yang memiliki nilai akuntabilitas kinerja A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi (MenpanRB). Di samping itu, lebih dari 300 penghargaan dalam 4 tahun telah diraih sebagai apresiasi dari berbagai pihak atas hadirnya perubahan tersebut.

“Penghargaan memang bukan tujuan, tetapi hal itu menunjukkan adanya perubahan yang signifikan di ibu kota Provinsi Jawa Barat ini,” imbuh Solihin melalui rilis Pemerintah Kota Bandung.

Sementara itu Setiajit menilai Kota Bandung adalah kota yang tepat bagi Pemkab Jombang untuk melakukan studi tiru tentang penataan birokrasi termasuk pengelolaan tempat wisata yang menjadi andalan Kota Bandung.

“Di Jombang juga ada tempat wisata. Kami ingin banyak belajar dari Kota Bandung yang juga dikenal sebagai kota wisata,” tutur Setiajit.

Rombongan dari Jombang datang ke Balaikota Bandung dipimpin langsung oleh Pjs. Bupati Jombang, Setiajit yang datang bersama para pimpinan perangkat daerah seperti Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika, juga para kepala bagian di Sekretariat Daerah.***