Pemkot Bandung Apresiasi Pelaku Usaha Bidang Pariwisata

KILASBANDUNGNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memberikan penghargaan kepada 13 pelaku usaha pada Anugerah Pesona Pariwisata Tahun 2019. Penghargaan itu diberikan karena para pelaku usaha telah berkontribusi dalam membantu pembangunan Kota Bandung khususnya di bidang pariwisata.

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana memberikan penghargaan tersebut di Trans Studi Bandung, Jalan Gatot Subroto, Rabu (16/10/2019) malam.

Dalam kesempatan itu, Yana mengapresiasi para pelaku usaha yang telah membantu pemerintah bahkan memajukan pembangunan di Kota Bandung. Salah satunya ikut andil dalam kontribusi pengingkatan pendapatan daerah.

“Pada tahun 2017 lalu, berdasarkan data Disbudpar, Kota Bandung didatangi oleh 6,9 juta wisatawan domestik dan mncanegara. Setiap tahunnya ditarget terjadi pengingkatan sebesar 10%. Hal ini didasarkan Kota Bandung memiliki 3A yakni, Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas,” jelasnya.

Yana mengatakan, Pemkot Bandung terus berupaya memberikan akses yang mudah untuk berkunjung ke Kota Bandung. Di antaranya dengan memiliki bandara internasional sampai akses tol Cipularang.

Sedangkan mengenai Amenitas, di Kota Bandung memiliki banyak pilihan untuk menginap, kuliner dan tempat wisata. Oleh karena itu, ia mengapresiasi kepada para pelaku usaha yang mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

“Anugerah seperti ini bisa menjadi semangat untuk intens dalam kegiatan pariwisata, sehingga lebih berkontribusi lagi untuk Kota Bandung,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Dewi Kaniasari mengatakan, apresiasi tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada para pelaku usaha yang telah membantu dalam berbagai hal kemajuan bagi Kota Bandung.

“Para pelaku usaha ini bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), dari pajak sampai retribusi. Sehingga ini memberikan motivasi kepada mereka agar lebih semangat dalam berkolaborasi,” kata Kenny sapaan akrabnya.

Berikut 13 para pelaku usaha yang mendapatkan penghargaan:
Kategori Hotel
1. Bintang 5 Trans Luxury Hotel
2. Bintang 4 Grand Pasundan
3. Bintang 3 The Cipaku Garden
4. Bintang 2 Hotel Amaris
5. Bintang 1 Pop Festival Citilink
6. Hotel Non bintang Zodiac Hotel

Kategori Restoran
7. Sindang Reret

Kategori Rumah Makan
8. Ampera

Kategori Waralaba
9. KFC

Kategori Hiburan
10. Karaoke Inul Vista

Kategori Usaha Spa
11. Atrium

Kategori Biro Perjalanan Wisata Umum
12. Jackal Holiday

Kategori Biro Perjalanan Wisata Haji dan Umrah
13. Dago Wisata