Pemkot Bandung Akan Bangun Taman Kahati

Pengunjung di salah satu taman di Kota Bandung. (Foto: Istimewa)

Bandung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana membangun Taman Keanekaragaman Hayati (Kahati) di kawasan Bandung Timur. Taman yang rencananya berada di daerah Ujungberung tersebut luasnya mencapai 3 hektare.

“Kita akan membangun taman Kahati sekitar 3 hektare di kawasan bandung timur, ujung berung,” ujar Kepala Bidang Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kota Bandung Teti Mulyawati kepada reporter LPS PRSSNI Bandung, beberapa waktu lalu.

Menurut menuturkan, perencanaan pembangunan Taman Kahati sudah dimulai sejak awal tahun 2018 dengan melaksanakan studi kelayakan. Selain itu pembangunan taman Kahati tersebut menjadi salah satu upaya untuk menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Bandung.

“Tahun 2018 ini baru feasibilitas study, itu juga salah satu kegiatan untuk menunjang ruang terbuka hijau,” tuturnya

Teti menyebutkan keberadaan Taman Kahati juga untuk melaksanakan aturan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu nantinya taman ini berfungsi sebagai penghijauan sekaligus merupakan sarana edukasi.

“Karena itu memang sesuai dengan peraturan perundang-undangan, di undang-undang 32 juga bahwa setiap daerah harus membangun taman kahati,” jelasnya.***

Agustin Purnawan/ LPS PRSSNI Bandung