Pelajar di Bogor Belum Diizinkan Lepas Masker di Sekolah

Pelajar menggunakan masker

KILASBANDUNGNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengizinkan masyarakat melepas masker apabila beraktivitas di luar ruangan atau tempat terbuka.

Akan tetapi, dalam keterangannya yang disampaikan pada Selasa (17/5/2022), Jokowi menekankan bahwa masker tetap digunakan apabila beraktivitas di dalam ruangan.

Sejalan dengan hal tersebut, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor belum mengizinkan pelajar melepas masker di lingkungan sekolah. Kepala Disdik Kota Bogor, Hanafi menekankan pelajar harus tetap memakai masker di sekolah.

“Tetap pakai masker. Mengikuti kebijakan yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah, masker tetap dipakai di ruang terbuka dalam kondisi ramai,” kata Hanafi dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Menurut Hanafi, Disdik menilai setiap sekolah adalah tempat yang memiliki ruang tertutup dan ruang terbuka. Namun, kata dia, sekolah menampung artusan pelajar setiap harinya sehingga tergolong selalu ramai.

Tak hanya itu, para pelajarr dari tingkat SD hingga SMA masih riskan untuk disiplin dalam menggunakan dan melepas masker di tengah kerumunan, termasuk saat berkumpul dengan teman-temannya.

Pertimbangan lainnya yakni terkait penyebaran pandemi Covid-19 setelah Lebaran 2022 yang dalam pemantauan serta status Kota Bogor yang masih masuk PPKM Level 2. Disdik juga menyoroti terkait isu hepatitis misterius yang menyerang anak-anak di bawah usia 16 tahun, meskipun belum ditemukan di Kota Bogor.

Di sisi lain, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor menjelaskan bahwa penularan penyakit hepatitis misterius bisa melalui saluran pernapasan atau pencernaan.Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga kesehatan lingkungan. ( sumber : pikiranrakyat.com )