Bandung – Sebanyak 200 anggota Tim Gorong-gorong dan Kebersihan (Gober) Kecamatan Lengkong diterjunkan untuk membantu membersihkan puing-puing rumah warga korban bencana kebakaran di jalan Karees Kulon RT 03, 04, dan 05, RW 06 Kelurahan Malabar Kecamatan Lengkong, Jumat (4/5/2018).

Kebakaran yang terjadi hari Kamis (3/5) kemarin menghanguskan 26 bangunan dengan 61 keluarga dan 188 jiwa terdampak. Saat ini, para korban kebakaran masih ditempatkan ke Wisma harapan di Jalan Karees Kulon.

Anggota Gober mulai bergerak membersihkan puing-puing sejak pukul 08.00 WIB. Secara estafet, anggota Gober mengangkut karung-karung berisi puing.

Lurah Malabar, Roaida Thalib mengungkapkan, pengerahan tim Gober dilakukan untuk membantu warga mempercepat pembersihan tempat tinggalnya. Di samping itu, kegiatan pembersihkan puing tersebut sebagai bentuk dukungan dan rasa simpati kepada warga korban kebakaran.

Saat Roaida dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Arief Prasetya meninjau lokasi pengungsian di Wisma Harapan, kondisi psikologis warga terlihat lebih tenang.

“Di tempat ini saya harap warga tenang, bisa istirahat. Soal berapa lama? Belum bisa kita tentukan. Karena ini bukan bencana banjir, yang airnya sudah surut, dibersihkan lalu bisa ditempatkan lagi,” kata Roaida.

Sementara itu, Arief Prasetya menyampaikan, pihaknya baru mengirim personil sebanyak 15 orang. Namun jika masih kurang, pihaknya akan menambahkan pasukannya lagi.

“Apabila nanti dalam pembersihan ini kurang, kami akan turunkan lagi personilnya,” kata Arief melalui rilis Pemerintah Kota Bandung yang dterima prssnibandung.com.***