Optimisme Pariwisata Bandung Bakal Makin Mendunia

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menjawab pertanyaan media usai Talkshow Bandung Traveller Friendly City di Taman Dewi Sartika, Bandung, Jumat (27/9/2019).

Bandung – Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana optimis pariwisata dapat membawa Kota Bandung menjadi luar biasa di mata dunia. Hal itu disampaikan saat Yana menghadiri acara Bandung Traveller Friendly City, di Taman Dewi Sartika, Balai Kota, Jumat (27/9/2019).

“Saya melihat, seluruh elemen masyarakat, sudah menunjukkan kepeduliannya pada pariwisata Bandung. Salut,” ujar Yana, dalam sambutannya.

Oleh karenanya, Ia berpesan agar pelaku pariwisataKota Bandung dapat melihat peluang dari keberadaan wisatawan muslim yang berkelana mencari tempat wisata halal di dunia.

“Ada 170 juta wisatawan muslim di dunia. Kalau kita jeli, ini bisa jadi peluang untuk menarik mereka ke Bandung,” ujarnya.

Hal tersebut juga yang menjadi pendorong Pemkot Bandung untuk membuat roadmap untuk wisata halal, dengan prototype di Jalan Gelap Nyawang.

Yana menambahkan, wisata halal yang dimaksud bukan berarti punya tendensi dengan konteks tertentu. Lebih dari itu, wisata halal ini bisa memberi kenyamanan bagi wisatawan yang menghabiskan waktu untuk berwisata di Bandung.

“Halal itu meliputi seluruhnya. Kulinernya, tempatnya, akses seperti sarana ibadah sampai toiletnya,” ujar Yana mencontohkan.

Untuk sajian kuliner non-halal, Yana juga menyebutkan kalau Bandung sudah memiliki beberapa titik kawasan yang menyajikan kuliner non halal. Seperti misalnya di wilayah Cibadak, yang juga banyak menyajikan wisata kuliner non halal yang punya cita rasa.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Dewi Kaniasari menyebutkan, acara Bandung Traveller Friendly City merupakan upaya akselerasi kualitas pariwisata di Bandung.

Kenny, sapaan akrabnya mengajak masyarakat Bandung untuk mengampanyekan sadar wisata dan sapta pesona.

“Kalau pariwisatanya maju, tapi dua hal tersebut (sadar wisata dan sapta pesona) tidak dibangun, ya percuma,” ujarnya.

Sebagai pamungkas, ia menyebutkan Bandung akan terus bertransformasi dan mengakselerasi menjadi kota pariwisata yang ramah bagi wisatawan.

Selain Bandung Traveller Friendly City, Kota Bandung masih memiliki satu lagi agenda pariwisata di pekan ini: Bandung Tourism Festival, yang akan dihelat di Taman Dewi Sartika, Balai Kota, Sabtu (28/9/2019).***