Operasi Zebra Lodaya 2019 Digelar Mulai Besok

KILASBANDUNGNEWS.COM – Bagi para pengendara segera lengkapi surat-surat kendaraan dan patuhi rambu-rambu lalu lintas. Sebab Operasi Zebra Lodaya 2019 akan segera dimulai.

Kasat Lantas Polres Purwakarta, AKP Ricky Adi Pratama mengatakan, Operasi Zebra Lodaya 2019 akan akan berlangsung selama 14 hari mulai dari 23 Oktober sampai 5 November 2019.

Ada sembilan sasaran prioritas selama operasi, yaitu pengendara tidak menggunakan helm, pengemudi roda empat tidak menggunakan sabuk pengaman, berkendara melebihi kecepatan batas maksimal, melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol atau narkoba.

Menggunakan handphone saat berkendara, pengendara di bawah umur, kendaraan roda empat menggunakan lampu rotator atau sirine dan kendaraan menggunakan knalpot bising.

“Operasi Zebra Lodaya 2019 akan dilaksanakan di sejumlah titik mulai 23 Oktober sampai 5 November 2019,” ungkap Kasat, Minggu (20/10/2019).

Ada pun tujuan dari operasi adalah untuk menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Operasi juga dilakukan meningkatkan kepatuhan dan ketaan berlalu lintas dalam meminimalisasi pelanggaran serta menekan angka kecelakaan.

Cipta kondisi pascapelantikan presiden dan wakil presiden dan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020 juga menjadi tujuan utama operasi zebra ini digelar.

Kasat menambahkan, sebelum operasi dimulai pihaknya telah memerika kelengkapan personil yang nantinya bertugas di lapangan.

Pengecekan kelengkapan adalah sebagai bentuk pengawasan dan pengendalian kinerja, agar diketahui kesiapan anggota di lapangan, sehingga pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu.

“Pengecekan kelengkapan kemarin sudah kita lakukan, dan apa yang diperlukan lengkap semua,” kata dia.

Selain itu, kasat berharap melalui Operasi Zebra Lodaya 2019 dapat memicu kesadaran masyarakat akan pentingnya mematuhi peraturan berlalu lintas.

“Keselamatan paling utama, jadi patuhi peraturan yang ada,” ujar kasat menghimbau.***