Oded Kunjungi Jepang Pererat Kerjasama dengan Kota Hamamatsu

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial. (Foto: Humas Pemkot Bandung)

Bandung – Wali Kota Bandung, Oded M Danial akan melakukan kunjungan kerja ke Kota Hamamatsu Jepang, 2-6 November ini. Kunjungan kali ini untuk menjajaki kerja sama di sejumlah bidang.

Bidang yang bakal dijajaki di antaranya perbaikan jaringan air limbah, peningkatan kapasitas, lingkungan hidup, dan ekonomi kreatif. Termasuk penjajakan kerja sama ketenagakerjaan dengan sejumlah industri di Kota Hamamatsu.

“Saya akan bersama dengan PDAM Tirtawening Kota Bandung untuk menjajaki kerja sama dengan Kota Hamamatsu. Ini juga merupakan tindak lanjut dari penjajakan yang telah dilakukan sebelumnya,” ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial, Kamis (1/11/2018).

Oded mengungkapkan, saat ini memang Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung banyak menerima undangan untuk berkunjung ke sejumlah kota di luar negeri. Namun Pemkot Bandung tidak bisa menerima semua undangan tersebut. Pemkot Bandung harus memilih berdasarkan skala prioritas.

“Kita memenuhi undangan ini karena telah ada kerja sama sebelumnya. Sedangkan undangan yang lainnya kita pilih berdasarkan kebutuhan Kota Bandung,” jelas Oded seperti dilansir Humas Pemkot Bandung.

Sementara itu, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Sekterariat Daerah Kota Bandung, Dedi Priadi Nugaha mengungkapkan, kunjungan Wali Kota Bandun ke Hamamatsu terkait dengan pengelolaan air limbah yang ditangani oleh PDAM Tirtawening. Selain itu, juga akan bertemu dengan Wali Kota Hamamatsu untuk membahas kerja sama lingkungan, ekonomi kreatif, dan ketenagakerjaan.

“Suzuki itu berada di Kota Hamamatsu. Kita juga akan mencoba untuk bekerja sama di bidang ketenagakerjaan. Semoga tenaga kerja Kota Bandung bisa diberikan kesempatan untuk bekerja di sana,” tutur Dedi.

Perlu diketahui, Kota Bandung dan Kota Hamamatsu telah menjalin kerja sama sejak tahun 2002. Kedua kota kemudian menjalin kerja sama teknis dengan menandatangani Letter of Intent pada tahun 2014.

Pada September 2018 lalu, perwakilan dari Kota Hamamatsu telah bertemu dengan Oded di Balai Kota Bandung. Saat itu, Kota Hamamatsu juga telah menawari kerja sama di bidang lingkungan. Saat ini Pemerintah Kota Hamamatsu juga telah memberikan bantuan pendidikan bagi 30 pelajar Kota Bandung setiap tahunnya.***