Oded Bangga Sahabat Sejak Kecilnya Bergelar Profesor

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial bersama Prof. Atip Latipulhayat, LL.M., Ph.D. (Foto: Humas Pemkot Bandung)

Bandung – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menghadiri Prosesi Pengukuhan dan Orasi Ilmiah Jabatan Guru Besar bagi Prof. Atip Latipulhayat, LL.M., Ph.D. dalam Bidang Ilmu Hukum Internasional dan Prof. Susi Dwi Harijanti, LL.M., Ph.D. dalam Bidang Ilmu Hukum Tatanegara di Graha Sanusi Hardjadinata Universitas Padjadjaran, Jl. Dipatiukur No. 35 Bandung, Sabtu (17/11/2018).

Keduanya menyampaikan orasi ilmiah sebagai salah satu syarat pengukuhan. Prof. Atip membawakan topik berjudul “Internasionalisasi Hukum Internasional: dari Hegemoni ke Harmoni.” Sedangkan Prof. Susi membawakan topik “Lampau dan Datang: Hukum Tata Negara Dalam Arus Global”.

Kehadiran Mang Oded, sapaan karib Wali Kota Bandung adalah untuk memenuhi undangan dari sahabat karibnya, Prof. Atip. Keduanya telah saling mengenal sejak masih duduk di bangku sekolah di Tasikmalaya.

“Beliau adalah kader dakwah yang sekampung dengan Mang Oded. Beliau sobat Mang Oded dalam berdakwah dulu,” ujar Mang Oded saat ditemui usai pengukuhan.

Menurut Oded, Atip adalah sosok yang luar biasa. Sejak di sekolah, ia telah menunjukkan sisi yang cemerlang di bidang akademik.

“Belaiu luar biasa, dari sisi dakwah dan pengembangan intelektualitas, maka tak heran, kalau menjadi profesor,” ungkapnya.

Dikukuhkannya Atip sebagai Guru Besar meningkatkan optimisme Mang Oded terhadap dunia pendidikan tinggi, khususnya di Kota Bandung. Kota ini telah menjadi rumah bagi lembaga pendidikan tinggi terbaik di Indonesia. Setiap tahun, berbondong-bondong orang dari seluruh pelosok Indonesia datang ke Bandung untuk menuntut ilmu.

Oded berharap bahwa kota yang dipimpinnya kini bisa menjadi rumah yang diimpikan oleh para pencari ilmu itu. Ia ingin agar Kota Bandung terus memberikan inspirasi bagi semua orang.

“Saya berharap dari Bandung-lah pancaran energi intelektualitas itu hadir. Saya berharap siapapun yang telah mengenyam pendidikannya di Bandung bisa memberikan hal terbaik untuk bangsa yang kita cintai ini,” tuturnya.***