“Ngopi Bareng KAI” Hadir Kembali di Stasiun Bandung

Bandung – Tingginya antusiasme masyarakat terhadap gelaran “Ngopi Bareng KAI” di awal tahun 2018 menjadikan kegiatan ini diadakan kembali dengan tagline “Ngopi Bareng KAI #2 – Enjoy Your Journey With Indonesian Coffee” tanggal 10-11 September 2018.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan, kegiatan ini sebagai respon terhadap tingginya antusiasme masyarakat pada kegiatan ini sekaligus sebagai salah satu rangkaian kegiatan menyambut ulang tahun ke-73 Kereta Api Indonesia.

“Kegiatan ini dilaksanakan di 15 stasiun, 12 kota dan 36 kereta api serta dibuka langsung Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro di Loko Cafe, Stasiun Yogyakarta,” ucapnya.

Joni mengatakan, untuk di wilayah Daop 2, kegiatan dilaksanakan di Stasiun Bandung dan di 5 kereta api yaitu Argo Parahyangan keberangkatan 06.30, Argo Parahyangan keberangkatan 11.35, Argo Wilis, Lodaya Malam dan KA Harina.

“Selama dua hari kegiatan akan disediakan 5.000 cup untuk di Stasiun Bandung dan di atas kereta api,” kata Joni, kepada wartawan di Stasiun Bandung, Senin (10/9/2018).

Menurut Joni, untuk menyuguhkan kopi gratis di stasiun dan kereta api, PT KAI merangkul 200 barista lokal profesional yang akan meramu dan menyuguhkan kopi gratis kepada para pecinta kopi di stasiun dan di kereta api jarak jauh dan menengah.

“Masyarakat dan pengguna jasa KA yang ingin mendapatkan kopi gratis ini cukup menunjukkan aplikasi KAI Access yang sudah terinstal dan terdaftar di ponselnya kepada petugas di area festival di stasiun dan di kereta api,” tuturnya.

Pada kegiatan Ngopi Bareng KAI #2 ini, PT KAI melibatkan 72 petani kopi dengan luas ladang 8.492 hektar yang tersebar di tujuh provinsi di Jawa-Sumatera, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung.

Untuk pemrosesan selanjutnya, roastery, KAI melibatkan 40 roastry dari ketujuh provinsi tersebut untuk menciptakan karakter rasa pada kopi yang diseduh oleh barista.

Selain menghadirkan kopi siap saji dan dalam bentuk biji, PT KAI juga mengajak para petani/produsen kopi dan pelaku industri kreatif di sektor kopi untuk memperkenalkan produknya pada acara Ngopi Bareng KAI #2.

Produk-produk yang ditawarkan antara lain green bean, roast bean, kopi bubuk, cold brew, alat untuk meracik kopi, penyangrai kopi hingga aksesoris berbahan biji kopi dan sebanyak 20 pelaku kreatif di industri kopi dari beberapa daerah dilibatkan dalam kegiatan tersebut.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung