Menag: Santri Harus Sehat, Cerdas dan Amanah

KILASBANDUNGNEWS.COM – Menteri Agama Fachrul Razi secara resmi membuka Pekan Olah Raga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) VIII 2019 yang berlangsung 24-29 November di Kota Bandung Jawa Barat.

Di hadapan para santri dan santriwati yang hadir dalam pembukaan Pospenas VIII 2019, Fachrul menegaskan bahwa, santri Indonesia merupakan garda terdepan dalam pembangunan bangsa

“Menurut saya ada 3 hal yang menyebabkan para santri pantas dikatakan garda terdepan, santi dan santriwati Insya Allah sehat, cerdas dan amanah,” katanya saat membuka Pospenas VIII 2019 di di Sarana Olah Raga (SOR) Arcamanik, Kota Bandung, Senin (25/11/2019) malam.

Menurut Fachrul, para sehat karena bangun pagi dilanjutkan dengan subuh sholat serta membaca Alquran dan menghirup udara pagi yang segar.

Selain itu cerdas karena mendapatkan berbagai macam yang tidak hanya ilmu agama tetapi juga ilmu pengetahuan umum dan ilmu yang memberikan manfaat.

Sedangkan amanah, mereka amanah kepada orang tua, kepada bangsa dan negara, serta kepada Allah SWT.

“Ini 3 kelebihan santri, sehat, cerdas dan amanah, seperti itulah semestinya santri Indonesia,” ucapnya.

Fachrul juga mengajak para santri dan santriwati bisa mengisi kemerdekaan serta mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, meningkatkan iman dan taqwa dan juga menjaga toleransi kepada semua pandangan yang berbeda.

“Pejuang-pejuang masa lalu, santri-santri yang menegakkan kemerdekaan sekarang isi kemerdekaan dengan baik, jaga persatuan dan kesatuan bangsa, tingkatkan iman dan taqwa kalian dan jaga toleransi kepada semua pandangan-pandangan yang berbeda,” ujarnya. (Parno)