Masyarakat Harus Pahami Gejala DBD

Bandung – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) yang masuk ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, saat ini mengalami peningkatan dari biasanya. Selama bulan Januari ini, jumlah pasien yang dirawat mencapai 50 orang atau meningkat lima kali dibanding rata-rata setiap bulannya.

Menyikapi masalah tersebut, Kepala Divisi Infeksi Kelompok Staf Medis Anak RSHS Bandung, Djatnika Setiabudi menghimbau kepada masyarakat untuk memahami gejala DBD serta secepatnya membawa pasien ke rumah sakit.

“Gejala DBD yaitu demam yang mendadak tinggi secara terus menerus selama 2-7 hari, tapi tentu kita patokannya lebih dari 2×24 jam, apalagi kalau disertai mual-mual, muntah, nyeri perut dan tidak jelas penyakit lain,” ucapnya.

Menurut Djatnika, kalau gejala tersebut terjadi 2×24 jam dan disertai nyeri-nyeri untuk segera dibawa ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan lain yang terdekat untuk mendapatkan penanganan segera.

“Kita akan mengetahui DBD atau bukan dari hasil pemeriksaan darah, penanganan awal tentu kalau anak demam pemberian minum yang banyak itu banyak manfaatnya, pertama bisa mempercepat turun suhu dan secepatnya dibawa ke fasilitas kesehatan,” tuturnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro