Masih Sedikit Kampus Peroleh Hibah Penelitian

Kepala L2DIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Uman Suherman, di kampus USB YPKP, Rabu (16/1/2019).

Bandung – Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) mencatat hingga saat ini masih sedikit kampus yang mendapat hibah penelitian dari Dikti secara nasional.

Kepala L2DIKTI Wilayah IV Jawa Barat dan Banten, Uman Suherman mengatakan, dari 486 kampus yang ada, baru sekitar 146 kampus yang sudah mendapatkan dana hibah untuk penelitian.

“Saya sangat prihatin karena masih sedikitnya kampus yang mendapatkan hibah penelitian karena kualitas proposal para dosen kalah bersaing dengan kampus lain,” ucapnya.

Uman menyatakan, tahun 2019 ini pihaknya menargetkan bagaimana meningatkan bukan hanya dari segi kualitas tapi juga kuantitas dengan dimulainya membangun viewer-viewer penelitian yang di tempatkan di masing-masing kampus.

“Bukan dosen tidak membuat proposal tapi proposal mereka kalah bersaing dengan kampus-kampus yang ada di luar kita,” kata Uman, di kampus USB YPKP, Rabu (16/1/2019).

Menurut Uman, dengan adanya viewer-viewer penelitian yang dibangun di kampus sehingga pada saat proposal dibuat betul-betul merupakan sebuah hasil review yang bagus betul-betul memiliki sebuah kapasitas bahwa proposal akan diterima.

“Kalaupun pada akhirnya tidak menang dengan kualitas proposal yang bagus maka kampus akan mendanai,” ujarnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro