Mahasiswa Unla Ikuti KKNM Tematik

Bandung – Sebanyak 1.074 orang mahasiswa Universitas Langlangbuana (Unla) Bandung mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) tahun akademik 2017/2018 selama 5 Minggu, terhitung mulai 6 Agustus hingga 8 September 2018 mendatang.

Ketua Umum Panitia Program KKNM Unla Tahun Akademik 2017/2018, Deny Haspada mengatakan, tema tahun ini adalah “Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Bentuk Pemberdayaan Masyarakat dan Semangat lntegrasi Sosial Kemasyarakatan” dengan tiga program ulama.

“Tiga poin KKNM tahun ini yaitu Program Pemberdayaan Masyarakat, Program Promosi Unla dan Program Partisipasi sesuai dengan program desa, dengan dua jenis KKNM yaitu KKNM Tematik Citarum Harum dan KKNM Tematik sesuai dengan desa masing-masing,” ucapnya.

Menurut Deny, 1.074 mahasiswa peserta KKNM masing-masing 650 orang mahasiswa reguler dan 424 mahasiswa karyawan, yang terdiri dari Fakultas Hukum 131 orang, Fakultas Ekonomi 366 orang, Fakultas llmu Sosial dan Politik 153 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 153 orang dan Fakultas Teknik 271 orang.

“Peserta KKNM ditempatkan di 14 desa di 5 kecamalan pada 5 kabupaten yaitu Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Purwakarta dan 16 wilayah yang berada pada Kota Bandung dan dibimbing oleh 31 orang Dosen Pembimbing Lapangan (DFL) dari 5 fakultas serta 5 orang koordinator wilayah,” jelasnya.

Deny menyatakan, bagi mahasiswa yang melakukan KKNM di Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat akan fokus pada KKNM tematik Citarum Harum dan KKNM di daerah lain tematiknya sesuai dengan desa masing-masing.

Penempatan KKNM untuk di Kabupaten Pangandaran di Desa Pananjung dan Desa Pangandaran. Sedangkan untuk Kabupaten Bandung di Kecamatan Banjaran (Desa Neglasari, Ciapus dan Margahurip), Kecamatan Cimaung (Desa Pasirhuni, Jagabaya dan Cimaung).

KKNM di Kabupaten Bandung Barat di Kecamatan Cihampelas (Desa Pataruman, Citapen, Cipatik dan Cihampelas). Sedangkan di Kabupaten Purwakarta di Kecamatan Jatiluhur (Desa Jatiluhur, Cikao dan Jatimekar).

Untuk KKNM Tematik Citarum Harum, dilakukan di sektor 21 Kecamatan Dayeuhkolot dan Pameungpeuk. Sektor 22 Kecamatan Coblong, Buahbatu, Regol, Arcamanik, Bandung Wetan, Bandung Kidul, dan Bandung Kulon.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung