Lewat borongdong.id, ASN Jabar Bela Negara dengan Belanja

KILASBANDUNGNEWS.COM – Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil melakukan grand launching borongdong.id, marketplace bagi UMKM Jawa Barat, yang merupakan bagian dari program ICALAN (Inovasi Cara Penjualan) yang digagas Pemerintah Daerah Provinsi Jabar.

Ridwan Kamil menjelaskan, borongdong.id merupakan kontribusi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jawa Barat dalam mendorong pemulihan ekonomi karena ASN ada dalam 30 persen golongan/orang di Jawa Barat yang ekonominya tidak terdampak pandemi global COVID-19.

“Jadi ASN ini tidak terlalu terdampak pendapatannya (di masa pandemi). Itulah kenapa lahir konsep silih tulungan dalam skala besar, spesifiknya lewat Borongdong dengan membeli produk UMKM Jabar),” ucapnya.

Menurut Ridwan Kamil, borongdong.id sebagai upaya membangkitkan nilai kebangsaan warga khususnya ASN melalui tagline “Bela Negara dengan Belanja”.

“Karena pandemi Covid-19 ini perang, semua harus bela negara. Yang punya ilmu bela negara dengan ilmu, yang punya harta bela negara dengan belanja. Kenapa kasih judul ‘Bela Negara dengan Belanja’, supaya semangat kebangsaan kita muncul,” tegasnya.

Ridwan Kamil menambahkan, borongdong.id juga sejalan dengan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) oleh pemerintah pusat yang tujuannya mengakselerasi transformasi digital UMKM, memperkuat kelangsungan usaha, mempercepat siklus ekonomi, mendorong semangat bangga produk lokal, hingga mendorong nation branding produk lokal unggulan.

“Gerakan Nasional BBI diterjemahkan di Jabar secara konkret dengan meminta para ASN membeli produk-produk UMKM terpilih di Jabar (di borongdong.id),” kata Ridwan Kamil, dalam Grand launching borongdong.id di Plaza Gedung Sate, Rabu (10/2/2021).

Hingga 9 Februari 2021, tercatat UMKM mitra yang terdaftar di borongdong.id berjumlah 260 mitra dengan jumlah item dari 18 mitra yang sudah hadir di gudang adalah 168 produk/1.572 pcs. Selama masa promo, borongdong.id menawarkan gratis ongkir untuk periode 3 bulan, gratis biaya layanan/marketplace fee untuk 3 bulan pertama, serta promo beras Rp100 untuk 1 kg/pengguna pada Maret 2021.

Ridwan Kamil berharap, Borongdong kerja sama Pemda Provinsi Jabar, Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi (KREASI) Jabar, serta Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Jabar ini bisa menggerakkan sekitar 330 ribu ASN di lingkungan Pemda Provinsi dan kabupaten/kota untuk belanja di borongdong.id.

“Bayangkan kalau 330 ribu (ASN) belanja Rp100 ribu saja, sudah berapa puluh miliar yang bisa menolong ekonomi (Jabar). Jadi target sebanyak-banyaknya (ASN belanja di borongdong.id),” tegasnya.

Sementara itu, CEO Borongdong Ali Bagus, borongdong.id pun tidak hanya menjadi wadah berjualan bagi para UMKM lokal Jabar. Lebih dari itu, Borongdong sekaligus berupaya menyalurkan ilmu penjualan kepada para mitranya.

“Ini yang coba kita transfer ilmu sebelum mereka (mitra) bisa berjualan sendiri, sebelum mereka bisa jualan online di beberapa platform yang lain kita bantu dulu dengan borongdong.id ini. Kita ajarkan cara foto, cara upload produk yang baik, cara mendeskripsikan produk yang baik sambil kita kasih data bahwa produk anda ini ternyata laku atau produk anda ini tidak laku. Kalau tidak laku apa penyebabnya atau yang laku yang harganya berapa. (Transfer ilmu) ini yang coba kita support,” tambahnya. (Parno)