Lakukan Deteksi Dini Kasus Tiroid

Pakar Endokrin dari Rumah Sakit Taryadi Semarang, Tjokorda Gde Dalem Pemayun.

Bandung – Penyakit tiroid adalah berbagai gangguan atau masalah yang terjadi pada kelenjar tiroid yaitu kelenjar yang terletak di bawah jakun yang bertugas mengatur berbagai sistem metabolisme dalam tubuh sehingga perannya sangat penting bagi manusia.

Namun menurut Pakar Endokrin dari Rumah Sakit Taryadi Semarang, Tjokorda Gde Dalem Pemayun, pemahaman masyarakat terhadap penyakit tersebut saat ini masih kurang karena penyakit tersebut tidak ada keluhan.

“Kalau kita menduga kelainan tiroid tentu saja lehenya harus dilihat, nah pertanyaannya orang-orang penduduk kita banyak yang tidak paham karena tidak ada keluhan dan pelan-pelah sementara yang ada keluhan umumnya sudah sangat lanjut,” kata Tjokorda, diacara Pinasti 2019 Sabtu (3/8/2019).

Karenanya Tjokorda, meminta kepada masyarakat untuk memeriksakan sejak dini ke pusat pelayanan kesehatan jika terdapat benjolan di bagian leher.

“Deteksi dini terutama pada ibu-ibu hamil, anak yang baru lahir yang tidak sesuai dengan perkembangannya, serta mereka yang sudah dilakukan tindakan operasi itu jangan dibiarkan harus dievaluasi sampai kualitas dan kuantitas orang ini tetap terjaga,” ujarnya.***


Rep: Suparno Hadisaputro