Laga Dramatis, Ukraina Pastikan Lolos ke 8 Besar Euro 2020

KILASBANDUNGNEWS.COM – Satu lagi pertandingan seru tersaji di babak 16 besar Euro 2020. Pertemuan antara Swedia melawan Ukraina di Hampden Park pada hari Rabu (30/6/2021) menjadi penutup yang epik sebelum fase perempat final dimulai.

Ukraina berhasil keluar sebagai pemenang dengan dramatis. Pada menit-menit akhir babak perpanjangan waktu, Artem Dovbyk berhasil mencetak gol dan membuat Ukraina menang dengan skor tipis 2-1.

Babak pertama waktu normal berakhir dengan skor 1-1. Ukraina sempat unggul lebih dulu lewat aksi Oleksandr Zinchenko pada menit ke-22, sebelum dibalas Emil Forsberg di menit ke-43.

Beberapa peluang emas tercipta di laga kali ini. Forsberg bakan bisa mencetak hat-trick andai dua tembakannya masing-masing pada menit ke-56 dan 69 tidak membentur tiang gawang. Pada akhirnya, skor imbang 1-1 bertahan sampai akhir babak kedua.

Extra Time

Terjadi sebuah momen horor pada babak pertama extra time yang membuat Swedia harus bermain dengan 10 orang. Kejadian ini melibatkan Marcus Danielson yang harus keluar lapangan terlebih dahulu usai diganjar kartu merah di menit ke-99.

Kartu merah diberikan karena Danielson melakukan tackle keras terhadap pemain Ukraina, Artem Besedin. Mulanya wasit memberikan kartu kuning, namun mengubahnya jadi kartu merah setelah melihat kejadian horor tersebut lewat VAR.

Perbedaan jumlah pemain membuat Swedia bermain lebih bertahan di babak kedua. Membuat Ukraina yang seharusnya bisa mencetak gol karena perbedaan ini jadi kesulitan untuk mengubah kedudukan.

Sebelum pertandingan berakhir, Ukraina berhasil mencetak gol penentu kemenangan lewat aksi pemain pengganti, Artem Dovbyk. Pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk Ukraina.

Susunan Pemain

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Mikael Lustig (Emil Krafth 83′), Victor Lindelof, Marcus Danielson, Ludwig Augustinsson (Pierre Bengtsson 83′); Sebastian Larsson (Viktor Claesson 97′), Albin Ekdal, Kristoffer Olsson (Filip Helander 101′), Emil Forsberg; Dejan Kulusevski (Robin Quaison 97′), Alexander Isak (Marcus Berg 97′).

Ukraina (4-3-3): Georgi Bushchan; Oleksandr Karavayev, Sergey Kryvtsov, Illia Zabarnyi, Mykola Matviyenko; Taras Stepanenko (Evgeniy Makarenko 95′), Serhiy Sydorchuk (Roman Bezus 118′), Oleksandr Zinchenko; Andriy Yarmolenko (Artem Dovbyk 105′), Roman Yaremchuk (Artem Besedin 90′ (Viktor Tsygankov 101′)), Mykola Shaparenko (Ruslan Malinovskyi 61′). (Sumber: www.bola.net)