KPUD Jabar Apresiasi Kinerja KPU Kabupaten/Kota di Pilkada 2018

Para komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat.

Bandung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Jawa Barat memberikan apresiasi kepada seluruh KPUD di kota dan kabupaten yang telah berhasil melaksanakan penghitungan dan rekapitulasi hasil suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 dengan baik.

Menurut Ketua KPUD Jawa Barat, Yayat Hidayat, KPUD Kota dan Kabupaten telah melakukan kinerjanya dengan baik dalam seluruh proses Pilkada Jabar 2018.

“Apa yang telah dilakukan KPU di Kota/Kabupaten sangat baik. Ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa dan keren,” kata Yayat, di kantor KPU Jabar Jl. Garut No. 11 Bandung, Sabtu (7/7/2018) malam.

Sementara itu, Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPUD Jabar, Ferdhiman Bariguna menilai, Jawa Barat telah mampu melaksanakan Pilgub dan Pilkada dengan baik dan lancar.

“Meski banyak gosip yang beredar, kita bersyukur hasil Pilgub dan Pilkada di Kota/Kabupaten bisa berubah dengan baik dan lancar,” ucapnya.

Hal yang sama juga dikemukakan Komisioner Divisi Umum, Keuangan, dan Logistik, Agus Rustandi. Menurut Agus, kemungkinan terjadinya sengketa pemilu harus menjadi ruang untuk mempertanggungjawabkan hasil kerja sekaligus membantah tudingan dan keluhan.

“Penyelesaian di MK bukan urusan menang atau kalah, tetapi peluang untuk membuktikan kinerja sekaligus menjelaskan bahwa kita telah membuat keputusan sesuai mekanisme dan prosedur,” tuturnya.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung