Kota Bandung Jadi Terbaik Nasional di PPD 2021

KILASBANDUNGNEWS.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menjadi salah satu dari tiga kota yang meraih penghargaan pada Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2021 Kategori Perencanaan dan Pencapaian terbaik di tingkat kota. Selain Kota Bandung, penghargaan serupa juga diberikan kepada Kota Semarang dan Kota Padang.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri PPN/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa kepada Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Kantor Bappenas Jalan Taman Suropati No. 2 Jakarta Pusat, Kamis (25/11/2021).

Ajang ini mendorong setiap daerah kabupaten dan kota untuk menyiapkan dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) secara baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat dilaksanakan. Tujuan diadakannya penghargaan PPD adalah untuk menciptakan insentif bagi pemerintah daerah dalam mewujudkan perencanaan pembangunan yang lebih baik, bermutu dan berkualitas.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Kota Bandung untuk menciptakan kolaborasi. Kata kuncinya adalah perencanaan yang matang,” ucap wali kota usai menerima penghargaan.

Oded menuturkan, kolaborasi bisa tercipta dengan berbagai elemen. Mulai dari masyarakat, pemerintah provinsi, hingga pemerintah pusat.

“Mudah-mudahan pilar kolaborasi Kota Bandung bisa mewujudkan pembangunan yang komprehensif. Selain itu, dalam pelaksanaan pembangunan, kita terus melakukan monitoring dan evaluasi,” ucapnya.

Sementara itu Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengapresiasi sejumlah daerah yang telah berinovasi.

“Saya lihat beberapa daerah melakukan sejumlah inovasi kebijakan. Ini bisa diaplikasikan oleh daerah-daerah lain,” katanya.

“Mudah-mudahan inovasi kebijakan itu disesuaikan dengan keadaan, situasi, dan gaya yang dimiliki oleh masing-masing daerah,” tambahnya. (rls)