Pengamat media siaran radio, Harley Prayudha.

Bandung – Persaingan media cetak, elektronik maupun online untuk mendapatkan keuntungan, pembaca maupun pendengar saat ini cukup ketat. Agar mampu  bersaing di dunia media, khususnya media radio perlu peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) yang saat ini dirasakan masih belum maksimal.

Pengamat media siaran radio, Harley Prayudha mengatakan ada tiga komponen besar yang penting yang harus dimiliki oleh SDM media siaran radio, seperti peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan mental SDM yang bersangkutan.

“Peran knowledge menjadi penting untuk sebuah  kebenaran informasi karena dari knowledge bisa berpikir secara integrasi, secara analisa sehingga apapun yang disampaikan adalah punya referensi, punya kebenaran sehingga ketika diterima oleh pendengar menjadi sesuatu yang betul-betul tidak bermasalah,” jelas Harley kepada reporter LPS PRSSNI Bandung.

Harley juga meminta para pelaku di dunia radio untuk bisa menyampaikan informasi secara benar  karena media yang digunakan merupakan sarana dalam penyampaian pesan kepada pendengarnya.

“Sampaikanlah yang benar sesuai dengan fakta walaupun dia penyiar tetap dia harus punya kecerdasan ilmu jurnalisme secara umum maupun jurnalisme radio karena medianya merupakan alat untuk menyampaikan pesan kepada audiens dalam  hal ini adalah pendengar,” tutur Harly.***

Suparno Hadisaputro/ LPS PRSSNI Bandung