Kodam III/Siliwangi Gelar Membatik Massal dengan Canting

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan mengikuti kegiatan membatik massal dengan canting dalam rangka Hari Batik Nasional di Graha Tirta Siliwangi Jalan Lombok, Kota Bandung, Selasa (2/10/2018). (Sumber Foto: Suparno H./ LPS PRSSNI Bandung)

Bandung – Sebanyak 300 peserta dari berbagai unsur Dharma Pertiwi Daerah C dan Organisasi Kewanitaan yang ada di Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengikuti kegiatan membatik massal dengan canting dalam rangka Hari Batik Nasional.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan mengatakan kegiatan membatik massal ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan membatik dengan canting.

“Kegiatan ini secara serentak dilakukan di seluruh Inonesia rangkaian Rekor Muri dan di wilayah Kodam III/Siliwangi kita lakukan di Graha Tirta Siliwangi Jalan Lombok Kota Bandung,” ucap Harto, di sela-sela acara Rekor Muri membatik di Graha Tirta Siliwangi, Selasa (2/10/2018).

Harto berharap, kegiatan ini bisa terciptanya rasa kecintaan terhadap batik yang memiliki seni tinggi yang merupakan bagian dari budaya bangsa Indonesia karena Batik merupakan khasanah budaya bangsa Indonesia, yang kaya dan mendorong lahirnya berbagai corak dan jenis batik tradisional.

“Diharapkan dengan membatik massal dengan canting ini dapat memotivasi semua pihak dan masyarakat pada umumnya sehingga benar-benar dapat memberikan kontribusi positif dalam pembinaan dan pengembangan usaha serta berdampak positif terhadap masyarakat luas,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang mengusung tema “Dharma Pertiwi Membatik Perekat Kebhinnekaan Nusantara,” Dharma Pertiwi Daerah C bekerja sama dengan Batik Trusmi Cirebon menghadirkan 10 orang narasumber atau instruktur untuk mendukung kegiatan tersebut.***

Rep: Suparno Hadisaputro