Klaster Pabrik Sepatu, 100 Lebih Karyawan Positif Covid-19

KILASBANDUNGNEWS.COM – Lebih dari 100 karyawan sebuah pabrik sepatu di Kabupaten Bandung yang memiliki 16 ribu pegawai terkonfirmasi covid-19.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung, Rukmana mengatakan, temuan ratusan karyawan pabrik ini positif covid-19 setelah pihak perusahaan melakukan rapid test antigen massal kepada karayawannya pascalibur lebaran kemarin.

Pada awalnya, rapid antigen dilakukan pada 190 pimpinan di pabrik itu pada 16 Mei 2021.

“Ketika liburan panjang lebaran usai yaitu akan masuk tanggal 17, pihak Feng Tay itu melakukan rapid test antigen tanggal 16-nya ke seluruh pimpinannya dengan jumlah yang dites itu sekitar 190 orang dan hasilnya 4 orang terkonfirmasi positif covid,” kata Rukmana, Senin (24/5/2021).

Saat karyawan masuk pada 17 Mei, pihak perusahaan membagikan kuisioner kepada 16 ribu karyawannya yang menanyakan apakah para karyawannya itu melakukan perjalanan atau tidak pada masa libur lebaran kemarin.

“Dan sekitar 1.056 itu menyatakan dirinya ke luar kota,” katanya.

Setelah mendapatkan data itu, pihak 1.056 karyawan itu langsung menjalani rapid test antigen.

Hasilnya 77 orang dinyatakan positif covid-19 setelah 1.056 karyawan itu menjalani rapid test antigen.

Di hari berikutnya, Selasa (18/5/2021), pihak perusahaan itu melakukan kembali rapid test antigen kepada 346 orang karyawan.

Mereka yang menjalani rapid test antigen pada tanggal 18 Mei adalah karyawan yang mengaku menerima tamu.

“Dites (ada) enam orang yang terkonfirmasi covid,” lanjutnya.

Rapid test antigen tak berhenti sampai di situ saja. Sehari kemudian kembali dilakukan rapid test antigen kepada 172 karyawan yang sebelumnya sudah sempat mengikuti rapid test antigen pada hari pertama.

“Ketemu lagi 15 orang yang terkonfirmasi covid,” ucapnya.

Di hari berkutnya pihak perusahaan kembali melakukan rapid test antigen berdasarkan hasil tracing kepada 299 orang karyawan dan 8 orang dinyatakan positif covid-19.

“Dan terakhir (rapid test antigen) kepada 256 dengan 6 orang yang terkonfirmasi,” jelansya.

Setelah adanya klaster ini, pihak perusahaan langsung berkoordinasi dengan pihak puskesmas untuk melakukan tracing dan melakukan swab PCR.

“Dan ditemukanlah dari kontak erat itu 78 orang yang terkonfirmasi, dan 41 orangnya itu karyawan dari Feng Tay,” jelasnya.

Kini, semua orang yang dinyatakan positif covid-19 sedang menjalani isolasi mandiri. (PRFM)