KKI Jabar 2021 Hadirkan UMKM Green Economy

KILASBANDUNGNEWS.COM – Dalam upaya melanjutkan pemulihan ekonomi daerah melalui penguatan sisi supply, khususnya dengan mendorong dan membangkitkan UMKM,  bersamaan dengan Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021, Bank Indonesia Jawa Barat bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat, OJK dan BMPD Jawa Barat menyelenggarakan showcasing UMKM terpilih.

Showcasing KKI Jawa Barat kali ini yang mengusung tema “Green Growth Economy; Lestari ALamku, Lestari Bisnisku”, menampilkan produk UMKM mitra BI Jawa Barat yang telah menerapkan konsep green economy dalam pengembangan produknya.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto, pemilihan tema ini sekaligus sebagai salah satu wujud concern BI Jawa Barat terhadap pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan aspek pelestarian lingkungan.

“Ini selaras dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo, bahwa green growth economy memiliki peluang besar untuk dikembangkan mengingat konsep ini memastikan semua aspek bertumbuh dan berkembang, meliputi pertumbuhan ekonomi, inklusivitas sosial, pengentasan kemiskinan dan environmental sustainability yang diharapkan dapat mendorong green investment sebagai alternatif pengembangan produk UMKM ke depan,” ucapnya.

Menurut Herawanto, konsep green growth economy dalam pengembangan UMKM tersebut telah diimplemetasikan BI Jawa Barat kepada 4 (empat) Wirausaha Unggulan BI Jawa Barat (WUBI) di produk fashion yang berkolaborasi dalam sebuah brand “SAGARAYASA”.  Ke-4 wirausha muda ini merupakan 4 dari 24 WUBI tahun 2021 yang telah menjadi mitra BI Jawa Barat dan disiapkan menjadi New UMKM sebagai kekuatan ekonomi nasional yang bercirikan pemanfaatan digital secara end-to-end dan berorientasi ekspor.

“Konsep green economy yang diusung SAGARAYASA dilakukan mulai dari pemilihan bahan baku benang dan kain yang bersumber dari limbah yang diolah lebih lanjut dan pewarnaan yang menggunakan bahan-bahan alam,” kata Herawanto, di Hotel Savoy Homan, Kamis (23/09/2021)

“Di samping itu, dalam mewujudkan karyanya, SAGARAYASA memberdayakan tenaga kerja, khususnya wanita (ibu-ibu) yang berada di lingkungan sekitar. Hal ini sebagai wujud upaya memberikan nilai tambah bagi masyarakat sekitar,” tambahnya.

Sejalan dengan 3 (tiga) pilar arsitektur pengembangan UMKM yang dikembangkan Bank Indonesia, yaitu korporatisasi, penguatan kapasitas produksi dan usaha, SDM dan pasar, serta penguatan akses pembiayaan, dalam rangkaian showcasing KKI Jawa Barat juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MOU) tentang Pelaksanaan Kerjasama Usaha, Peningkatan SDM dan Sarana Prasarana Pendukung Usaha antara Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah dengan 8 (delapan) Kelompok Tani penghasil kopi.

Dengan ditandatanganinya nota kesepahaman tersebut, Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah akan berperan sebagai aggregator klaster kopi Jawa Barat yang akan semakin memperkuat kapasitas usaha klaster kopi mitranya hingga menembus pasar ekspor.

Sementara itu, sebagai implementasi pilar ketiga, dalam kesempatan acara juga dilakukan penandatanganan akad kredit senilai Rp5,4 miliar  yang diberikan oleh Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, BSI, BCA dan Bank bjb kepada 14 UMKM mitra BI Jawa Barat.

Rangkaian puncak KKI 2021 yang secara nasional digelar selama 4 (empat) hari sejak tanggal 23 s.d. 26 September 2021 dan dipusatkan di Aceh. Penyelenggaraan rangkaian Pucak KKI 2021 merupakan bagian dari Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI) yang mengangkat tema “Sinergi, Globalisasi dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata”.

Rangkaian puncak KKI 2021 di Jawa Barat diselenggarakan dalam bentuk Showcasing UMKM “Green Growth Beauty” mitra BI Jawa Barat. Rangkaian acara Puncak KKI Jawa Barat juga dimeriahkan oleh gelaran fashion show produk UMKM yang mengusung konsep “green economy”; penyerahan buku Wirausaha Unggulan Bank Indonesia (WUBI), prosesi pelepasan ekspor, dan penyerahan secara simbolis Sertifikat ASEAN Coffee Federation (ACF) Barista Certification. (Parno)