Kini di Bandung Ada Teras Cirateun

Bandung – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meresmikan Teras Cirateun di Jalan Sersan Sodik Dalam, Kelurahan Isola, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung, Sabtu (07/9/2019). Tak hanya itu, Oded juga meresmikan septic tank komunal dan drumpori.

Sejumlah proyek tersebut dibiayai melalui dana Program Inovasi Pemberdayaan Pembangunan Kewilayahan (PIPPK). Atas hal tersebut, Oded menyambut baik usaha kewilayahan dan masyarakat menghadirkan lingkungan yang nyaman dan bersih.

“Alhamdullilah, Mang Oded merasa senang, hari ini dapat meresmikan Teras Cirateun yang nyaman ini. Hal ini hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung yang berada di kewilayahan bersama masyarakat sekitar,” ungkap Oded.

Oded mengaku senang saat datang dan bertemu langsung dengan warga ke kelurahan Isola. Baginya, warga kelurahan Isola memiliki karakter yang kompak. Oded yakin, apabila di sebuah lingkungan hubungan sosialnya baik akan mewujudkan masyarakat yang mandiri.

“Sejak awal datang, saya optimis melihat warga di sini memiliki semangat yang luar biasa. Terlihat kompak, berarti di sini memiliki karakter yang positif dan akan terwujud masyarakat mandiri,” tuturnya.

Hal yang istimewa, warga Kelurahan Isola, Kecamatan Sukasari dapat memberikan output yang melebihi ekspektasi.

“Saya yakin, masyarakat di sini luar biasa. Bisa dilihat langsung, bahwa output yang diberikan sangat baik. Diberi dana Rp100 juta oleh Pemkot Bandung, outputnya saya lihat ini Rp200 juta,” ujar Oded.

Namun Oded mengingatkan warga untuk selalu menjaga kebersihan teras Cirateun dengan tidak membuang sampah ke sungai.

“Lingkungan sudah enak, mari kita jaga baik-baik. Dan program drumpori ini harus secara aktif dilakukan, untuk persediaan air di rumah,” tuturnya.

Sementara itu, Camat Sukasari, Sarjani Saleh mengatakan, warganya memiliki kebiasaan “babarengan” dalam menjaga lingkungannya. Mulai dari penjalankan program Pemkot Bandung hingga menjaga fasilitas publiknya.

“Saya baru di sini, sekitar empat bulan. Namun, saya merasa senang melihat kebiasaan warga yang kompak bersama-sama menjaga lingkungannya. Bisa dilihat, banyak fasilitas yang dibangun melalui konsep babarengan,” kata Sarjani.

Ia mengaku bangga, bisa menjadi bagian di Kecamatan Sukasari.. Karena, di Kecamatan Sukasari seluruh lapisan masyarakatnya sangat proaktif dalam menjalankan perannya masing-masing.

“Saya bangga, di sini semua orang saling berhubungan baik dan menjalankan perannya masing-masing dalam mendukung program Pemkot Bandung,” katanya.***