Kilas Bandung, Senin (3/9/2018)

KilasBandung – Pembuatan beberapa kolam retensi untuk penanggulangan banjir di Kota Bandung menjadi proyek akhir masa jabatan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Wakil Walikota Bandung Oded Muhammad Danial. Ridwan Kamil mengatakan, Pemkot Bandung segera membangun kolam retensi seluas 6.000 meter di daerah Sirnaraga untuk menampung luapan sungai Citepus jika musim hujan tiba. Pembuatan kolam retensi itu ditargetkan selesai akhir Desember 2018.

Kota Bandung kembali akan mendapat kehormatan sebagai tuan rumah puncak Perayaan hari Santri 2018. Rencananya, acara tersebut digelar Oktober 2018 mendatang dan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementrian Agama Ahmad Zayadi menuturkan acara dengan tema Bersama Santri Damailah Negeri, bakal dimeriahkan oleh penampilan Adie MS, Sabyan, serta orasi dan tausiah dari beberapa pemuka agama.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sedang merancang konsep acara puncak acara Hari Santri 2018, yang rencananya digelar Oktober 2018 mendatang. Emil menuturkan, konsep dari acara tersebut, apakah bakal dilakukan secara indoor atau outdoor. Ada beberapa tempat lanjut Emil yang bisa digunakan untuk acara tersebut, salah satunya adalah Gelora Bandung lautan Api.

 

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Sunda tingat SMA se-Kota Bandung menggelar pasanggiri bahasa dan kesenian Sunda. Ketua MGMP Bahasa Sunda SMA Kota Bandung Encep Ridwan mengatakan, pasanggiri bahasa dan kesenian Sunda tingkat SMA itu, sebagai wadah evaluasi dan alat ukur pelajaran bahasa Sunda di SMA selama ini bisa dipahami oleh para siswa. Pasanggiri Bahasa dan Kesenian Sunda itu mempertandingkan sedikitnya 5 cabang keterampilan bahasa Sunda diantaranya, membaca berita bahasa Sunda, Sisindiran atau berbalas pantun, ngawih, sajak dan ngadongeng.

Panitia Penyelenggara Asian Games ke-18 atau Inasgoc menilai, pelaksanaan Asian Games yang berlangsung di Jakarta, Palembang dan Jawa Barat berjalan dengan aman dan lancar. Direktur Media dan Public Relation Inasgoc, Buldansyah mengharapkan, dengan aman dan lancarnya pelaksanaan perhelatan empat tahunan ini, menjadi penilaian positif dari lembaga terkait, untuk selanjutnya Indonesia menjadi tuan rumah event yang lebih tinggi lagi. Menurutnya, kesuksesan penyelenggaraan Asian Games ini, sangat didukung semua pihak, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat yang cukup antusias.***