Kilas Bandung, Senin (30/7/2018)

KilasBandung – Penjabat Gubernur Jawa Barat, Mochamad Iriawan, mendesak aparat kepolisian untuk mengusut tuntas dan memproses secara hukum jika terbukti ada pelanggaran, terkait bentrokan antara ojek online dengan ojek pangkalan, yang terjadi beberapa hari lalu. Iriawan juga meminta kepada pengemudi ojeg online dan ojeg pangkalan untuk saling menjaga serta tidak mudah terprovokasi sehingga mengganggu aktivitas mereka dan masyarakat luas.

Masyarakat kota Bandung diminta untuk memberikan ruang atau jalan bagi mobil pemadam kebakaran yang lewat dengan membunyikan sirine. Kepala Seksi Bina Partisipasi Masyarakat, pada Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, Cecep Rustandi menuturkan, dengan membunyikan sirine, menandakan situasi sedang darurat. Menurut Cecep, berdasarkan Undang-Undang Lalu, jika mobil pemadam kebakaran melaju dengan membunyikan sirine, maka seluruh kendaraan yang ada menyingkir dan memberikan prioritas kepada mobil pemadam kebakaran tersebut.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung Ema Sumarna mengklaim pendapatan kota Bandung dari sektor perpajakan, sudah melebihi target. Ema menuturkan, terhitung sejak bulan Januari hingga bulan Mei 2018 lalu, pendapatan pajak kota Bandung melebihi 100 persen, kecuali bulan Juni yang pendapatan mengalami sedikit penurunan, terkait libur panjang. Menurut Ema, untuk target pendapatan semester dua, pihaknya mentargetkan pendapatan lebih dari Rp 1 triliun. Ema optimis target tersebut akan tercapai terkait adanya siklus pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang biasanya dibayarkan di semester dua setiap tahunnya.

Bank Indonesia (BI) bersama kalangan perbankan terus menggelar kampanye Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dengan kegiatan pekan penukaran kartu berlogo GPN di 17 titik di seluruh nusantara. Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Ismet Inono berharap, dengan adanya program ini, masyarakat tidak perlu lagi memiliki banyak kartu untuk bertransaksi. Selain itu infrastruktur proses pembayaran dapat disebar lebih merata, tidak hanya di kota-kota besar sehingga akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

Walikota Bandung Ridwan Kamil menantang club motor Bikers Brotherhood untuk menciptakan kreasi baru dalam pariwisata yang berkaitan dengan hobi mereka dalam dunia otomotif. Emil mencontohkan, dari hobi bermotor itu bisa menghasilkan pendapatan dari industrinya seperti spare part motor jadul, aksesoris dan lain-lainnya. Emil juga meminta kepada Brotherhood untuk membuat konsep ekonomi kreatif dari hobi bermotor yang mereka geluti selama ini, sehingga hobi bermotor yang unik itu bisa mendatangkan manfaat baik bagi mereka maupun masyarakat dan Kota Bandung.***