Kilas Bandung, Senin (1/7/2019)

KilasBandung – Pada musim haji 2019 Kota Bandung mendapat tambahan kuota 13 jamaah calon haji. Namun Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kota Bandung Hotimul Manan mengatakan dari 13 kuota tambahan tersedia, hanya 6 jamaah yang mampu melunasi BPIH sehingga sisa kuota dikembalikan ke Kementerian Agama.

Para jamaah calon haji asal kota Bandung diminta mendoakan kota Bandung di tempat-tempat mustajab berdoa. Wali Kota Bandung Oded M. Danial juga meminta para jamaah calon haji tetap menjaga kesehatan agar lancar selama menjalankan ibadah.

Hingga kini hampir seluruh pasar tradisional di Kota Bandung belum memiliki jalur evakuasi. Kasi Pemeriksaan dan Pengawasan Gedung dan Bangunan Diskar PB Kota Bandung Elan Suparno mengklaim sejak tahun 2017 pihaknya sudah mensosialisasikan kepada para pengelola pasar tradisional maupun pasar modern untuk membuat tanda serta jalur evakuasi.

Pembangunan Taman Wisata Air atau Wetland Park Cisurupan di Kecamatan Cibiru Kota Bandung membutuhkan keterlibatan masyarakat dalam perawatan termasuk pengembangannya. Kepala DPKP3 Kota Bandung Dadang Darmawan mengatakan pembangunan Wetland Park Cisurupan dilakukan melalui swadaya dan tidak ada APBD khusus yang dialokasikan.

Pembuatan kolam retensi di taman wisata air atau Wetland Park Cisurupan bukan merupakan solusi tunggal yang mutlak secara instan untuk mengurangi banjir di Kota Bandung.  Kepala DPU Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan selain membangun wetland park pihaknya juga sedang melakukan upaya lainnya termasuk pembuatan drum pori.

Untuk turut mengejar program Presiden Joko Widodo terkait Citarum Harum, Pemkot Bandung telah menyampaikan proposal ke Gubernur Jabar mengenai kebutuhan dana Rp265 miliar. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana berharap pengajuan tersebut segera cair untuk menyelesaikan persoalan sampah Citarum.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.