Kilas Bandung, Selasa (8/1/2019)

KilasBandung – Kolam retensi Sirnaraga diharapkan dapat mengatasi banjir di sekitar sungai Citepus, khususnya kawasan Pagarsih yang selama ini selalu terendam banjir. Wali Kota Bandung Oded M Danial berharap selain mengatasi banjir, kolam retensi juga memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Sejak dibentuk tahun 2017, Satgas Anti Rentenir Kota Bandung menerima ribuan pengaduan dari warga Kota Bandung yang melapor telah menjadi korban rentenir. Ketua Harian Satuan Tugas Satgas Anti Rentenir Kota Bandung Saji Sonjaya mengatakan, 150 korban di antaranya berhasil dibantu melalui advokasi.

Wali Kota Bandung Oded M Danial menyatakan, terbitnya Perda Kota Bandung mengenai Diskar PB Kota Bandung untuk meningkatkan kesigapan dinas terkait. Selain itu sebagai upaya dari Pemerintah Kota Bandung secara yuridis dan teknis dalam antisipasi dini dan penanggulangan bencana.

Upaya mengatasi masalah sampah di Kota Bandung bukan merupakan pekerjaan mudah dan instan. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung Salman Fauzi gerakan Kangpisman harus menjadi program berlanjutan karena membutuhkan energi besar dan keseriusan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung mengapresiasi digelarnya deklarasi Urang Bandung Anti Hoax. Ketua KPU Kota Bandung Suharti menyatakan para peserta pemilu juga harus memahami deklarasi tersebut karena harus berkampanye dengan bijak dan cerdas.

Kwarda Pramuka Jawa Barat siap menerima tantangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang menitipkan 3 aspek program Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu kebencanaan, citarum dan pengembangan desa. Ketua Kwarda Pramuka Jabar Dede Yusuf Macan Effendi menegaskan siap menjalankan tantangan tersebut karena pada dasarnya pramuka adalah mitra pemerintah.

Kota Bandung masih kekurangan tenaga ahli untuk membantu pertumbuhan startup baru di sektor ekonomi digital. Kepala Kantor Inkubator BEI Pusat Informasi Go Public Jawa Barat Achmad Dirgantara mengatakan pihaknya mencoba menghasilkan tenaga ahli teknologi informasi, yang dibutuhkan pengusaha start up berbasis digital.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.