Kilas Bandung, Selasa (26/6/2018)

KilasBandung – Pusat Pelaporan Dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terus melakukan pemantauan terhadap sejumlah aliran dana yang kemungkinan digunakan untuk membiayai kegiatan terorisme. Wakil Kepala PPATK, Dian Ediana mengatakan, saat ini platform pertukaran informasi antara PPATK dengan instansi terkait masih dalam masa pembahasan. Dengan adanya pertukaran informasi tersebut, maka akan memudahkan dalam mengungkap sumber utama yang mendanai kegiatan terorisme. Menurut Dian, masalah terorisme ini tidak hanya di Indonesia tetapi sudah menjadi masalah internasional sehingga pertukaran informasi juga dilakukan dengan negara-negara lain.

Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Bandung diminta tetap netral dalam proses Pilkada serentak yang berlangsung Rabu (27/6/2018) besok. Usai memimpin apel pagi pada hari pertama masuk kerja pasca cuti kampanye Pilgub Jabar 2018, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menuturkan selain netral, para abdi negara ini harus tetap menjaga integritas dan ikut mendorong angka partisipasi masyarakat dalam memberikan hak suaranya di TPS-TPS.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Propinsi Jawa Barat telah siap 100 persen menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018, yang berlangsung Rabu (27/6/2018). Ketua KPU Propinsi Jawa Barat Yayat Hidayat menuturkan hingga saat ini seluruh logistik dan keperluan yang berkaitan dengan Pilkada sudah terdistribusikan ke seluruh KPU Kota dan Kabupaten di Jabar. Bahkan pada H-1 pelaksanaan Pilkada Serentak, seluruh logistik dipastikan sudah ada di masing-masing TPS. Lebih lanjut Yayat menambahkan, untuk menjaga keamanan pelaksanaan Pilkada Serentak tersebut, pihaknya terus menjalin koordinasi dengan jajaran Polda Jabar dan Kodam III/Siliwangi.

Sementara itu sedikitnya 12 ribu personil gabungan dari unsur Polrestabes Bandung, TNI, dan Linmas siap mengamankan jalannya Pilkada Serentak di Kota Bandung. Kapolrestabes Bandung, Komisaris Besar Polisi Hendro Pandowo mengatakan, selain mengamankan TPS dan berbagai macam kebutuhan saat pencoblosan, polisi juga dikerahkan untuk mengawasi berbagai ancaman gangguan kamtibmas. Lebih lanjut Hendro menegaskan, Kota Bandung aman bagi seluruh lapisan masyarakat namun tidak aman bagi pelaku kejahatan.

Jika saat ini masih ada keluarga tidak mampu yang belum tersentuh oleh Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bisa diusulkan melalui musyawarah kelurahan. Kepala Seksi Informasi dan Pengaduan Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung. Hendri Agustian menjelaskan musyawarah Kelurahan yang membahas Program Bantuan Pangan Non Tunai tersebut dalam setahun digelar sebanyak 2 kali, yaitu pada bulan Mei, dan bulan November. Dalam musyawarah tersebut, akan dibahas tentang validasi data masyarakat miskin.

Pengamat Transportasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Ade Syafrudin mengatakan, tak ada satu kota pun di dunia ini yang bisa terbebas dari kemacetan termasuk Wilayah Bandung Raya. Ade memperkirakan, kemacetan di Bandung Raya akan sulit sekali dihilangkan namun pemerintah bisa mengurangi dengan mengambil beberapa langkah serta tindakan. Menurut Ade, kemacetan di setiap kota/kabupaten di wilayah Bandung Raya akan berbeda sesuai dengan keberadaan daerah yang bersangkutan.***