Kilas Bandung, Selasa (22/1/2019)

KilasBandung – Tiga pejabat Pemerintah Kota Bandung yang mengikuti lelang terbuka pejabat tinggi pratama di Pemerintah Provinsi Jawa Barat, lolos tahap seleksi administrasi. Menanggapi lolosnya tiga pejabat tersebut, Wali Kota Bandung Oded Muhamad Danial mengaku bersyukur para ASN Pemerintah Kota Bandung bisa meniti karir di posisi yang lebih tinggi.

Kasus kekerasan terhadap perempuan di dalam rumah tangga maupun dalam hubungan lainnya di Kota Bandung, jumlahnya naik dalam setahun terakhir. Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Bandung Dedi Sopandi kenaikan tersebut menunjukkan masyarakat berani melaporkan tindak kekerasan yang dialaminya atau diketahuinya.

Pemerintah Kota Bandung meminta kepada para pengusaha atau pengembang untuk mentaati aturan mendirikan bangunan termasuk memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana menegaskan aturan yang dibuat pemerintah kota Bandung bukan berarti menghambat pengembangan usaha namun agar sesuai dengan perencanaan tata kota Bandung.

Untuk memberikan kemudahan bagi penumpang kereta api, PT KAI memberlakukan aturan baru check-in yang dapat dilakukan di seluruh stasiun online. Manager Humas PT KAI Daops 2 Bandung Joni Martinus mengatakan perubahan aturan tersebut untuk memudahkan penumpang yang ingin melakukan Check-in jauh-jauh hari.

Masyarakat luas perlu didorong agar mengetahui pentingnya manfaat dari usaha pertambangan. Ketua Indonesia Mining Association (IMA) Ido Hutabarat mengatakan selama ini publik menilai buruk usaha pertambangan karena diasosiasikan dengan perusakan lingkungan dan pengerukan kekayaan alam, tanpa nilai tambah yang memadai untuk negara dan masyarakat.

Sebagai ruang publik, keberadaan Museum Geologi memiliki nilai penting bagi negara dalam merekam perkembangan kegeologian di Indonesia. Menurut Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Rudi Suhendar nilai penting tersebut adalah sebagai bukti sejarah alam dan sejarah kebudayaan sebuah negara.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.