Kilas Bandung, Selasa (18/9/2018)

KilasBandung – Panitia Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan memberikan kemudahan bagi calon yang mempunyai kriteria tertentu dalam penerimaan CPNS untuk formasi pendidikan. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat, Sumarwan Hadisumarto mengatakan, kemudahan akan diberikan kepada calon yang mempunyai nilai cumlaude dan peserta disabilitas. Masing-masing kuotanya 5 persen untuk cumlaude dan 1 persen untuk disabilitas. Sumarwan berharap, dengan adanya kemudahan tersebut, dapat membantu meningkatkan kinerja di OPD tempat mereka bekerja.

Sejumlah jalur kereta api yang sudah lama berhenti akan diaktifkan kembali, satu diantaranya jalur Bandung-Ciwidey. Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro menuturkan, pertemuannya dengan Wali Kota Bandung terpilih Oded M Danial untuk meminta bantuan Pemkot Bandung dalam mensosialisasikan rencana tersebut terutama kepada masyarakat yang berada di jalur KA.

Walikota Bandung terpilih Oded M Danial menyambut baik rencana PT KAI mengaktifkan kembali jalur kereta api yang sudah lama tidak beroperasi. Oded mengatakan dengan reaktivasi jalur KA akan memudahkan masyarakat dalam menggunakan transportasi massal juga diharapkan mampu mengurai kemacetan lalu lintas. Oded mengatakan, Pemkot Bandung akan membantu sepenuhnya reaktivasi tersebut sesuai kewenangannya, seperti sosialisasi kepada masyarakat terdampak.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera membentuk Tim Respon Cepat Kemanusiaan yang menjadi salah satu program unggulan di 100 hari kerja Gubernur Jawa Barat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan, Tim Respon Cepat ini nantinya mengurusi semua permasalahan yang berkaitan dengan kemanusiaan, misalnya lansia terlantar atau warga yang tidak tersentuh oleh layanan kesehatan. Emil berharap, dengan adanya program ini maka seluruh masyarakat Jawa Barat menikmati pembangunan dan layanan dari Pemprov Jabar, termasuk mereka yang tinggal di pelosok pedesaan.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat melakukan Review Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga di Jawa Barat. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat Sukaryo Teguh Santoso mengatakan review yang dilakukan setiap semester ini untuk mengevaluasi capaian kinerja program yang telah lakukan. Teguh menyatakan, capaian kinerja pada semester ini sudah di atas rata-rata capaian tingkat nasional, yaitu 70 persen untuk program KB dan lebih dari 100 persen untuk Kampung KB.

Keberadaan media cetak, elektronik maupun online menjadi salah satu alat untuk menyebarkan atau menyampaikan berbagai program maupun informasi dari pemerintah kepada masyarakatnya. Wakil Wali Kota Bandung terpilih Yana Mulyana menuturkan, media merupakan mitra penting bagi Pemkot Bandung termasuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sehingga pihaknya akan terus melakukan pembinaan kepada media.***