Kilas Bandung, Selasa (12/6/2018)

KilasBandung – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyiapkan dan menurunkan pasokan ayam beku ke pasar-pasar tradisional mulai H-7 Lebaran 2018. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan kebijakan itu dilakukan untuk menjaga stabilitas dan menurunkan harga daging ayam. Selain itu dengan tersedianya daging ayam beku maka masyarakat memiliki pilihan lain untuk memenuhi kebutuhan akan daging ayam.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung mengklaim sudah melakukan sosialisasi terhadap para pengusaha angkutan untuk kesiapan angkutan lebaran, baik angkutan reguler, pariwisata mapun travel. Kepala Seksi Manajemen Dishub Kota Bandung, Iya Sunarya menuturkan, sosialisasi pra mudik itu dilakukan, terutama mengenai kelaikan kendaraan dan kesehatan pengemudi. Penyuluhan dilakukan langsung di pool kendaraan dengan menggandeng instansi terkait lainnya, antara lain Dinas Kesehatan Kota Bandung.

Dinas Sosial dan Penanganan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung akan melakukan validasi data warga miskin di kota Bandung, mulai Juli hingga bulan November 2018 mendatang. Dalam pendataan tersebut, akan diketahui warga miskin yang meninggal dunia, pindah alamat, atau kini statusnya menjadi warga mampu. Kasi Pengendalian dan Data Dinsosnangkis Kota Bandung, Judin Rijaludin menuturkan, setelah dilakukan pendataan ulang maka data akan dikirimkan ke Kementrian Sosial (Kemensos) untuk disahkan sebagai data warga miskin yang valid.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung tetap melakukan layanan adminsitrasi kependudukan selama libur lebaran. Sekretaris Disdukcapil Kota Bandung, Uum Sumiati menjelaskan, meski tetap memberikan pelayanan, jam operasionalnya dibatasi tidak seperti jam pelayanan reguler. Salah satu layanan administrasi kependudukan yang terpenting adalah perekaman KTP elektronik karena berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada serentak yang berlangsung 27 Juni 2018 mendatang.

Pjs Walikota Bandung Muhammad Solihin bersama sejumlah Kepala SKPD terus melakukan pemantauan harga maupun stok kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di kota Bandung. Solihin mengatakan, berdasarkan hasil pantauannya di lapangan, khususnya di Pasar Ciroyom Bandung pada Senin malam, ternyata ada kenaikan harga beberapa komoditas, yang cukup signifikan. Menurut Solihin, masih ditemukan harga daging ayam boiler dengan harga mencapai Rp 40 ribu perkilogramnya, termasuk cabe tanjung yang menembus harga Rp 80 ribu perkilogramnya.

Kepala Group Advisor dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Jawa Barat Ismet Inono meminta masyarakat untuk tidak melakukan penukaran uang di jalan-jalan yang biasa ramai dijajakan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Ismet menuturkan, pihaknya tidak menjamin keaslian dari uang yang dijajakan tersebut. Masyarakat yang akan menukarkan uang dihimbau datang langsung ke kas-kas keliling atau perbankan yang ditunjuk.***