Kilas Bandung, Sabtu (7/7/2018)

KilasBandung – Pembangunan konstruksi utama Pembangkit ListrikTenaga Air (PLTA) Upper Cisokan, Pumped Storage, saat ini baru menyelesaikan prasarana jalan. Ditargetkan, pembangunan PLTA Upper Cisokan dengan kapasitas 4×260 MW ini bisa tuntas pada tahun 2021 mendatang. General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan, Ahmad Daryanto Ariyandi menuturkan, nantinya PLTA ini akan memasok listrik untuk Gardu Induk Sunyaragi di Cirebon, Gardu Induk Rancaekek di Kota Bandung, dan Gardu Induk Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati di Kabupaten Majalengka. Menurut Ahmad, PLTA Upper Cisokan yang berada di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur ini, bisa mendukung pasokan listrik sistem Jawa-Bali yang diprediksi mengalami pertumbuhan konsumsi listrik mencapai 4 persen.

Pemerintah Kota Bandung akhirnya menerapkan sistem pembayaran parkir non tunai di kawasan jalan Sudirman Kota Bandung. Dengan penerapan sistem tersebut, pemilik kendaraan yang akan parkir tersebut wajib menggunakan kartu bayar eletronik di mesin parkir yang telah tersedia. Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi menuturkan, pihaknya saat ini masih menyiapkan petugas parkir yang akan mengarahkan para pemilik kendaraan untuk membayar melalui mesin parkir. Menurut Didi, sebagai tahap awal, pemberlakukan parkir non tunai, dimulai dari persimpangan jalan Otto Iskandardinata hingga ke persimpangan Pasirkaliki.

Pemerintah Kota Bandung mentargetkan pembangunan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) di kawasan Rancacili Kota Bandung akan rampung paling lambat akhir tahun 2018 ini. Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung, Tono Rusdiantono menuturkan, dengan adanya Puskesos tersebut, nantinya para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang sudah terjaring akan dibina lebih lanjut. Pasalnya lanjut Tono, Puskesos tersebut, akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang lengkap.

Alun-Alun Kota Bandung hingga kini masih memiliki magnet kuat untuk dikunjungi oleh para turis lokal, yang menghabiskan liburan di kota Bandung. Dengan banyaknya turis yang bertandang ke Alun-Alun Bandung, mengakibatkan banyaknya sampah yang harus dibersihkan oleh para petugas kebersihan. Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung, Deni Nurdiana Hadimin menuturkan dalam liburan biasa, seperti hari Sabtu dan Minggu, sampah yang dihasilkan dari Alun-Alun Bandung, bisa mencapai 10 ton. Oleh karena itu Deni meminta kepada seluruh lapisan masyarakat dan turis yang berkunjung ke Kota Bandung untuk ikut menjaga kebersihan.

Sebagai salah satu kota tujuan wisata, kota Bandung membuka pintu lebar-lebar bagi turis domestik maupun mancanegara untuk datang berkunjung dan menginap di kota berjuluk Paris Van Java ini. Walikota Bandung Ridwan Kamil meminta kepada turis yang berlibur di kota Bandung, untuk ikut menjaga kebersihan dan ketentraman kota Kembang Bandung.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Propinsi Jawa Barat, Dody Herlando memprediksi Bandara Internasional Jawa Barat atau (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka akan meningkatkan sektor perekonomian di Jawa Barat dan masyarakat di sekitarnya. Menurut Dodi, untuk memudahkan penumpang pesawat menuju ke wilayah lainnya, dibutuhkan dukungan moda trasportasi darat yang bisa mengakses sejumlah wilayah di sekitarnya. Dengan daya dukung moda trasportasi darat ini, maka akan membantu percepatan pembangunan kawasan tersebut, sehingga jumlah penumpang yang menggunakan pesawat akan terus bertambah.***