Kilas Bandung, Sabtu (3/11/2018)

KilasBandung – Pasca menerima tugas sebagai Pelaksana Harian (Plh) Sekda Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan siap menjalankan amanah yang dipercayakan kepadanya. Ema menuturkan sudah diminta Wali Kota Bandung Oded M. Danial untuk menyiapkan RAPBD kota Bandung tahun 2019 dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Ide Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang berencana mengkonversi kompor gas ke kompor tenaga listrik menjadi tantangan bagi PT Len Industri. Direktur Utama PT Len Industri Zakky Gamal Yasin mengatakan, pihaknya akan mencoba melakukan riset penggunaan kompor listrik melalui Solar Sel yang tenaganya bersumber dari sinar matahari.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan mencetak para penghafal Al Qur’an serta para Qori dan Qoriah. Kabag Kesra Pemkot Bandung Tatang Muchtar mengatakan, program mencetak para hafidz dan qori merupakan salah satu program Bandung Lanjutkan Juara.

Pemerintah Pusat mendukung gagasan dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang akan membentuk Forum BUMN Jawa Barat. Menteri BUMN Rini Soemarno berharap, dengan adanya forum BUMN ini akan saling menguntungkan antara masyarakat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga BUMN.

Untuk menjaga keamanan pangan dan kehalalannya, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung memberlakukan Mini Food Security dengan alat Rapid Test. Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung Elly Wasilah mengatakan, rapid test bisa mengetes halal tidaknya makanan dalam waktu satu menit saja.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengakui APBD Perubahan Kota Bandung ditolak oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Oded menuturkan penolakan APBD Perubahan tidak hanya menimpa Kota Bandung melainkan daerah lainnya yang ikut menggelar Pilkada Serentak 2018.***