Kilas Bandung, Sabtu (23/2/2019)

KilasBandung – Potensi pendapatan pajak dari Kota Bandung merupakan yang terbesar di Jawa Barat, maka bagi hasilnya pun mendapatkan jumlah paling banyak. Bagi hasil pajak provinsi yang diperoleh Kota Bandung di tahun 2019 ditargetkan mencapai Rp862 miliar.

Masyarakat Kota Bandung diminta mengubah kebiasaannya dalam membuang sampah yaitu harus dimulai dengan menyelesaikan sampah di sumbernya. Wakil Wali Kota Yana Mulyana optimis dengan mengubah kebiasaan masyarakat tersebut, dapat mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA.

Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdiana Hadimin mengaku sudah banyak negara yang mengajukan pengelolaan sampah di Kota Bandung dengan berbagai teknologinya. Saat ini Kota Bandung mengirim sampah ke TPA Sarimukti sekitar 1.200 ton per hari.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung berharap masyarakat Kota Bandung turut berpartisipasi dalam seluruh tahapan Pemilu. Ketua KPU Kota Bandung Suharti mengatakan, selain datang ke TPS di hari pencoblosan 17 April 2019, masyarakat juga dapat melakukan pengawasan tahapan pemilu.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung menjamin kerahasiaan identitas pelapor terkait temuan pelanggaran pemilu. Ketua Bawaslu Kota Bandung Zaki Muhamad Zamzam menyatakan sejumlah pelanggaran pemilu di antaranya memasang alat peraga kampanye (APK) di kantor pemerintahan, sarana ibadah, dan fasilitas pendidikan.

Pemerintah Kota Bandung bersikukuh menunggu hasil kajian yang dilakukan oleh Tim Independen terkait kondisi Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan tidak ada target waktu untuk tim independen bekerja namun harus ada hasil ilmiah bahwa GBLA layak dan aman saat akan dipergunakan.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.