Kilas Bandung, Sabtu (20/4/2019)

KilasBandung – Angka partisipasi masyarakat Kota Bandung dalam pemilu 2019 meningkat cukup signifikan mencapai 85,5 persen naik dibanding pemilu 2014 yang sebesar 77,6 persen. Wali Kota Bandung Oded M. Danial meningkatnya angka partisipasi pemilu sebagai bukti indikator kesadaran masyarakat semakin baik dalam pendidikan politik.

Dinas Pendidikan Kota Bandung kembali menyosialisasikan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru PPDB Kota Bandung 2019. Ketua Tim Perumus PPDB Kota Bandung Edi Suparjoto mengatakan PPDB Kota Bandung 2019 dibuka 23-28 Mei 2019 dan hasil penerimaannya diumumkan 31 Mei 2019. Sedangkan daftar ulang dilakukan 17-18 Juni 2019.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan aturan PPDB diharapkan menjadi kebijakan yang memberikan rasa keadilan bagi masyarakat. Pelanggaran terhadap pelaksanaan PPDB membuat sekolah terancam dikenakan sanksi yang dapat memberatkan pihak sekolah, siswa dan orangtua siswa.

Untuk mencetak anak Indonesia yang sehat dan cerdas, langkah paling penting adalah pemenuhan gizi anak sejak dini yang dimulai dari 1.000 hari pertama kehidupan. Dokter spesialis anak, Ariani Dewi Widodo mengatakan periode tersebut sebagai momen terpenting dalam hidup seseorang karena menentukan kesehatan dan kecerdasannya.

Psikolog Elizabeth Santosa mengatakan, semua pemainan dalam bentuk permainan tradisional maupun yang ada di perangkat modern dapat membantu perkembangan anak-anak karena menghibur juga mengedukasi mereka. Tidak jadi soal jenis permainannya karena yang lebih penting adalah adanya pengaturan waktu bagi mereka.

Untuk memperingati World Dance Day 29 April mendatang, Kota Bandung bakal menggelar beragam kegiatan dalam memeriahkan event tersebut. Kadibudpar Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari menyebutkan peringatan World Dance Day di Kota Bandung akan dimeriahkan Festival Jaipongan dan 24 jam Bandung Menari.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.