Kilas Bandung, Sabtu (17/11/2018)

KilasBandung – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung di akhir tahun 2018 ini akan menambah jumlah personilnya. Kabid Penanggulangan Bencana Diskar PB Kota Bandung Sihar Sitinjak mengatakan, pihaknya akan menambah 150 orang untuk memenuhi kebutuhan personil .

Pemerintah Kota Bandung memberikan dua opsi bagi 11 kepala keluarga warga Tamansari yang masih bertahan di wilayah tersebut terkait pembangunan rumah deret. Kedua opsi tersebut adalah menerima uang kerohiman atau lepas tuntas. Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, jika memilih opsi kerohiman, maka setelah rumah deret terbangun, mereka bisa kembali lagi. Tetapi jika opsi lepas tuntas yang dipilih, mereka tidak berhak untuk menempati rumah deret.

Komisioner Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) Munafrizal Manan mengatakan, hasil mediasi mengenai kasus rumah deret Tamansari tersebut, kedua pihak memiliki semangat konstruktif dalam menyelesaikan persoalan. Komnas HAM sudah menindaklanjuti pengaduan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur atau SOP secara maksimal.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung Arief Prasetya mencontohkan, banjir yang sering terjadi di Gang Tresna Asih Pagarsih, karena basement tidak bisa menampung seluruh air yang datang ke lokasi tersebut. Selain itu pihaknya masih mempelajari penyebab titik banjir di Komplek Istana Sudirman jalan Sudirman.

Untuk pertama kalinya, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggelar Book Fair on Station di enam stasiun kereta, yaitu Stasiun Bandung, Gambir, Yogyakarta, Purwokerto, Semarang Tawang dan Surabaya Gubeng. Vice President Passenger Marketing PT KAI, Raden Agus Dwinanti Budiadji mengatakan, Book Fair on Station yang berlangsung hingga Minggu (18/11) bertujuan meningkatkan kembali minat baca masyarakat, dengan mendekatkan buku sebagai sumber bacaan di area stasiun.

Store Manager Bookstore Bandung Merdeka, Wahyu Raharja mengatakan, kegiatan Book Fair on Station membantu calon penumpang memanfaatkan waktu sambil menunggu keberangkatan kereta.  Dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga membuka kesempatan bagi masyarakat khususnya para penumpang kereta, yang akan mendonasikan buku-buku untuk disalurkan kepada yang membutuhkan.***