Kilas Bandung, Rabu (6/2/2019)

KilasBandung – Dinas Pendidikan Kota Bandung menargetkan Perwal PPDB 2019 rampung Maret mendatang. Terkait tidak berlakunya lagi Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dalam PPDB, nantinya akan ada surat keterangan ekonomi tidak mampu yang dikeluarkan pemerintah pusat atau daerah.

Masyarakat kota Bandung dapat melakukan sejumlah upaya sebagai langkah antisipasi mencegah terkena demam berdarah dengue (DBD). Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Rita Verita mengatakan DBD bisa dicegah dengan meningkatkan daya tahan tubuh melalui konsumsi makanan bergizi secara teratur, banyak minum air putih, dan bila perlu menggunakan lotion anti nyamuk.

Selain untuk menghasilkan oksigen di dalam kota yang padat, ruang terbuka hijau atau RTH juga memiliki fungsi lain. Kepala DPKP3 Kota Bandung Dadang Dharmawan mengatakan RTH memiliki manfaat ekologi, seperti serapan air, habitat hewan, manfaat ekonomi, budaya dan manfaat estetika.

Kasus perdagangan manusia atau human trafficking di Jawa Barat masih saja terjadi meski pada tahun 2018 jumlahnya turun signifikan. Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Barat Poppy Sophia Bakur mengatakan untuk menekan angka kasus perdagangan manusia, pihaknya sudah melakukan bimtek dan pelatihan kepada Babinkamtibmas, kepala desa juga camat.

Dunia pertambangan di Indonesia masih dikonotasikan negatif oleh masyarakat terutama para penggiat lingkungan terkait isu kerusakan lingkungan. Kepala Badan Geologi Rudi Suhendar mengatakan saat ini tengah dikembangkan dan dikampanyekan tentang pertambangan hijau atau green mining yaitu pertambangan tanpa merusak lingkungan.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.