Kilas Bandung, Rabu (16/1/2019)

KilasBandung – Setelah tiga tahun berturut-turut berhasil meraih Penghargaan Adipura, Kota Bandung gagal merebut Adipura tahun 2018. Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, Salman Fauzi mengatakan rendahnya nilai kategori penanganan sampah di TPA Sarimukti menjadi penyebabnya.

Di tahun 2019 Pemerintah Propinsi Jawa Barat bakal ngabret dalam memaksimalkan Program Citarum Harum. Pemerintah Provinsi bakal menghibahkan kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat untuk digunakan sebagai kantor pelaksana Program Citarum Harum.

Pemerintah Kota Bandung sangat mendukung Program Citarum Harum antara lain dengan membersihkan 41 anak sungai Citarum yang melintasi kota Bandung. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan program KangPisman juga menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap program Citarum Harum.

Kerjasama pemanfaatan sampah kardus antara PD Kebersihan Kota Bandung dan Tetrapack melalui program Waste For Cange merupakan yang pertama kali di Indonesia dalam pemanfaatan sampah kardus. Dirut PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdiana mengatakan dalam kerjasama itu, pihak Tetra Pack akan membeli sampah kardus dari masyarakat untuk kembali didaur ulang.

Sebagai sebuah lembaga terkecil di masyarakat, keluarga menjadi kekuatan penting dalam menangkal berbagai gangguan dan godaan yang datang. Sebagai upaya mengokohkan keluarga, Jabar Bergerak membuka gedung Pakuan yang memfasilitasi berbagai kegiatan positif.

Bank Indonesia secara konsisten melakukan sosialisasi untuk memberikan pemahaman mengenai ekonomi digital. Kepala Grup Sistem Pembayaran dan Peredaran Uang Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Sukarelawati Permana berharap para pelaku industri teknologi informasi ikut melakukan sosialisasi ekonomi digital.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.