Kilas Bandung PRSSNI, Senin (9/12/2019)

KilasBandung – Untuk mengawasi pembangunan di KBU, Pemprov Jabar sedang menyusun badan otoritas cekungan Bandung. Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan karena KBU termasuk ranah daerah aliran sungai atau DAS Citarum maka dalam penegakan hukum di kawasan KBU akan melibatkan TNI sebagai bagian dari program Citarum Harum.

Meski kasus HIV AIDS di Kota Bandung terbilang tinggi, angka tersebut merupakan jumlah penderita yang berobat di Kota Bandung sehingga bukan hanya warga Kota Bandung. Sekretaris KPA Kota Bandung Bambang Sukardi mengatakan untuk itu perlu sosialisasi sejak dini untuk menekan penyebaran HIV/AIDS di Kota Bandung.

Menjelang akhir tahun Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) Kota Bandung sudah mencapai 85 persen. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan persentasenya cukup tinggi tersebut belum cukup karena yang lebih penting adalah tingkat kemanfaatan bagi masyarakat.

Kepala Dinkes Kota Bandung Rita Verita merasa optimis Open Defecation Free (ODF) di Kota Bandung dapat terealisasi 100 persen di tahun 2020 mendatang. Rasa optimis itu mengemuka karena melihat besarnya dukungan dari warga kota Bandung termasuk berbagai elemen masyarakat yang tergabung dalam Forum Bandung Sehat.

Sebagai kota peggiat batik di Jawa Barat, Bandung berpotensi mengembangkan motif batik baru. Menurut Sekretaris Yayasan Batik Jawa Barat (YBJB) Ken Atik mengatakan di Bandung ada motif batik klasik dan sempat populer yaitu Merak Ngibing tapi motif ini tidak lagi dibuat karena sulit, begitu juga dengan motif Isuk Sore.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.