Kilas Bandung PRSSNI, Selasa (14/1/2020)

KilasBandung – Persoalan banjir yang terjadi di cekungan Bandung sebagian sudah bisa dikurangi dengan berbagai upaya. Menteri PUPR Basuki Hadimulyono mengatakan seluruh proyek yang dikerjakan di hilir Sungai Citarum untuk pengendali banjir di Cekungan Bandung ditargetkan tuntas tahun ini sehingga diharapkan saat musim hujan tahun depan banjir bisa diatasi.

Untuk mengantisipasi bencana banjir juga mengurangi pemanasan global, jajaran Polrestabes Bandung menanam 2.302 batang pohon melalui gerakan Polri Peduli Penghijauan. Kabag Sumda Polrestabes Bandung AKBP Mahmud mengatakan jenis pohon yang ditanam merupakan tanaman keras dan produktif.

Revitalisasi mata air Cibarani di bantaran Sungai Cikapundung, Kelurahan Hegarmanah Kecamatan Cidadap, menjadi upaya Pemkot Bandung untuk menjaga sumber mata air di perkotaan. Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyatakan revitalisasi bukan hanya untuk menjaga kelestarian lingkungannya tapi juga memberikan banyak manfaat bagi warga sekitar.

Seluruh jajaran penerangan TNI Angkatan Darat dituntut meningkatkan profesionalismenya seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi yang semakin pesat.  Kapendam III/Siliwangi Kol. Inf FX Sri Wellyanto Kasih jajaran Pendam dituntut selalu menyampaikan berbagai informasi dan kegiatan yang digelar Kodam III/Siliwangi.

Pemkab Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara menyatakan tertarik untuk menerapkan Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) Kota Bandung. Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan Bupati Bolaang Mongondow menilai PIPPK merupakan bentuk partisipasi langsung masyarakat dalam pembangunan yang difasilitasi oleh masyarakat itu sendiri.

Selain menangani musibah kebakaran, Diskar PB Kota Bandung juga membantu masyarakat saat bencana alam dan berbagai kejadian lainnya. Kabid Kesiapsiagaan Operasi Diskar PB Kota Bandung Kurnia Saputra mengatakan anggota Diskar PB tidak hanya dituntut mampu mengatasi musibah kebakaran tapi juga sigap dalam membantu musibah bencana alam.***

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.