Kilas Bandung PRSSNI, Kamis (19/12/2019)

KilasBandung – Ribuan personil gabungan mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2019 di depan Gedung Sate Bandung, Kamis (19/12). Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto membacakan amanat tertulis Kapolri Jendral Polisi Idham Azis yang menyebutkan fokus utama dari Operasi Lilin 2019 adalah sejumlah objek vital seperti gedung pemerintahan, sarana ibadah, fasilitas transportasi, juga tempat umum lainnya.

Pemprov Jabar mendukung penuh pelaksanaan Operasi Lilin 2019 untuk memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat Jawa Barat terutama bagi umat kristiani yang merayakan Natal 2019. Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan ada sekitar 12 potensi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi di antaranya aksi terorisme, radikalisme, kecelakaan, juga kemacetan lalu lintas.

Kalangan Perguruan Tinggi diimbau melakukan pengolahan sampah secara mandiri untuk meminimalkan volume pengangkutan sampah ke tempat pembuangan akhir TPA. Wali Kota Bandung Oded M. Danial berharap setiap perguruan tinggi mengarahkan mahasiswa untuk menyukseskan program mereduksi sampah melalui gerakan Kang Pisman.

Menjelang perayaan natal dan tahun baru Dishub melakukan berbagai persiapan untuk menghindari terjadinya kemacetan di sejumlah titik di Kota Bandung. Kasi Managemen Angkutan Dishub Kota Bandung Iya Sunarya mengatakan selain di sekitar tempat ibadah, potensi kemacetan saat malam natal juga biasanya terjadi di lokasi kuliner.

Dalam upaya mengenalkan dan mengkampanyekan kembali nilai-nilai budaya lokal Jawa Barat kepada kaum milenial, digelar Festival Jabar Welas Asih di GOR Saparua, Kamis (19/12). Ketua Yayasan Welas Asih Indonesia Ali Binzed mengatakan festival diharapkan dapat menghilangkan stigma Jawa Barat sebagai provinsi intoleran.

Dengarkan Audio Podcastnya di sini.